Peristiwa

15 Pekerja Asing Ditangkap Polisi, Pembangunan PLTU Pangkalan Susu Terganggu


15 Pekerja Asing Ditangkap Polisi, Pembangunan PLTU Pangkalan Susu Terganggu
BERITASUMUT.COM/BS08
Lokasi proyek pembangunan Pangkalan Susu III dan IV
Beritasumut.com-Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pangkalan Susu III dan IV, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipastikan terganggu setelah tim Polda Sumut menangkap 15 orang pekerja asing asal Tiongkok. Terhambatnya proyek pembangunan ini karena pengerjaan proyek tersebut hanya bisa dilakukan oleh 15 pekerja asing tersebut.
 
Informasi dihimpun, pekan lalu, Tim Reskrimsus Polda Sumaetra Utara meringkus 15 pekerja asing di lokasi proyek tersebut. Mereka ditangkap karena tidak melengkapi berkas izin bekerja di Indonesia, sedangkan sebagian lainnya telah kadaluarsa izin bekerjanya. Akibat penangkapan tersebut, proyek pengerjaan PLTU Pangkalan Susu dipastikan terhambat.
 
Manager proyek pembangunan PLTU pangkalan susu, Muhamad Yusuf menyatakan, ada enam orang tenaga ahli asal Tiongkok yang berperan startegis dalam pembangunan PLTU ini. “Jika 6 orang asing ini tidak bekerja, sebagian pengerjaan proyek PLTU dipastikan terhambat dikarenakan hanya mereka yang bisa meng-operasikan alat asal Tiongkok tersebut,” ujarnya.
 
Padahal menurut Yusuf, selama ini pihak PLTU telah berkali-kali mengingatkan kepada perusahaan konsorsium peserta pembangunan PLTU yang menggunakan tenaga kerja asing agar melengkapi berkas izin mereka sebelum bekerja di PLTU. “Selama ini kami juga sudah mengingatkan kepada para pekerja yang datang dari luar negeri agar melengkapi berkas izin mereka, jika mau bekerja disini,” imbuhnya.
 
Ditambahkannya, proyek PLTU yang diresmikan pengerjaannnya oleh Presiden Jokowi pada 5 Mei 2015 lalu itu berkapasitas dua kali 200 Megawatt dan saat ini baru rampung 40 persen. "Jika dikerjakan sesuai jadwal, PLTU Pangkalan Susu III dan IV ini akan resmi beroperasi di bulan November 2018 mendatang," pungkasnya. (BS08)

Tag:AsingCinaIzinLangkatListrikPLTUPangkalan SusuPekerjapembangunanPoldaPolisiProyekSumatera UtaraSumutTenagationgkokUapVisa