Peristiwa

14 TKI Ilegal Dipulangkan melalui Bandara Kuala Namu


14 TKI Ilegal Dipulangkan melalui Bandara Kuala Namu
Beritasumut.com/Ilustrasi
TKI Ilegal

Beritasumut.com-Sebanyak 14 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal dipulangkan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang, Malaysia pada hari raya Idul Fitri tahun ini.

Informasi yang diperoleh pada Jumat (8/7/2016), ke-14 TKI yang dipulangkan tersebut tiba di Bandara Kuala Namu dengan pesawat Air Asia nomor penerbangan QZ 103 dari Penang, Malaysia pada Kamis (7/7/2016).

Setibanya di Bandara Kuala Namu, ke 14 TKI tersebut langsung didata di pos kedatangan BP3TKI Medan di lantai I Bandara Kuala Namu.Dari 14 TKI yang dipulangkan itu, 11 di antaranya merupakan warga Sumatera Utara. Masing–masing Artika Mariana Tampubolon, Mutia Purnama Sari, Stevie Maria Magdalena, ketiganya asal Asahan.

Berti Pasaribu, Evizal, Laura Silika, Puji Sapta Yuliana, asal Medan. Erwina, Muhammad Dini Faiz warga Langkat. Eva Yunita Harahap warga Deli Serdang dan Ratna Wati Silaen warga Simalungun.Sedangkan tiga TKI lainnya berasal dari Aceh masing-masing Muhammad Irfan, Sri Nila dan Refi Karnila Sri Nila.

Berdasarkan pengakuan TKI tersebut kepada petugas pos kedatangan BP3TKI Medan di Bandara Kuala Namu, awalnya para TKI ini dibujuk- bujuk untuk kerja di Malaysia. Namun sesampainya di Malaysia para TKI ini tidak menerima gaji seperti yang dijanjikan bahkan ada yang tidak digaji.

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan BP3TKI Medan Rizal Saragih menerangkan ke 14 TKI yang dipulangkan ini ada yang tidak menerima gaji dari majikannya, kabur dari majikannya serta berangkat tidak sesuai prosedur (ilegal)."Ke 14 TKI yang dipulangkan sudah kita kembalikan ke rumah masing-masing dengan didampingi petugas BP3TKI," jelasnya. (BS05)

 


Tag: