Peristiwa

12 Baterai Mercusuar di Belawan Senilai Ratusan Juta Dicuri, Maling Jual Rp 7000 per Kilo


12 Baterai Mercusuar di Belawan Senilai Ratusan Juta Dicuri, Maling Jual Rp 7000 per Kilo
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Ditpolair Polda Sumut berhasil membekuk satu dari empat pelaku pencurian Baterai Tenaga Surya Mercusuar, di perairan Nipa Larangan, Belawan. Pelaku pencurian ini adalah Ruslan (33) Warga Uni Kampung, Kecamatan Medan Belawan. 
 
Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Sumut, Kompol Jenda Sitepu mengatakan, sebelumnya, Ditpolair Polda Sumut menerima laporan dari Distrik Navigasi Belawan, atas hilangnya Baterai Tenaga Surya Lampu Mercusuar. "Dari informasi laporan, sedikitnya ada 12 baterai bernilai ratusan juta yang hilang. Yang 11 baterai sudah dijual dan kita menemukan 1 baterai sebagai bukti kejahatan. Informasi yang kita terima, harga baterai 1 unitnya mencapai Rp30 juta,” ujarnya dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Rabu (17/07/2019). 
 
Komplotan ini berjumlah empat orang, sambung Kompol Jenda, yang baru berhasil kita amankan satu tersangka atas nama Ruslan. Tiga pelaku lainnya sudah teridentifikasi dan masih dalam pengejaran. "Sebelum memboyong hasil curiannya, komplan Ruslan Cs lebih dulu melumpuhkan petugas jaga mercusuar. Petugas jaga mercusuar disekap, mereka lalu membawa kabur hasil curian menggunakan sampan bermesin," jelasnya. 
 
Sementara itu, tersangka Ruslan mengaku baru pertama kali ini melakukan kejahatan. “Baru sekali ini bang, itupun aku hanya menunggu di bawah. Baterainya kami jual Rp7000 per kilogram,” akunya. (BS04)

Tag:Baterai MercusuarBelawanDitpolair Poldasu