Peristiwa

1,5 Ton Narkoba Hasil Selundupan Jaringan Internasional Dimusnahkan Bareskrim Polri

1,5 Ton Narkoba Hasil Selundupan Jaringan Internasional Dimusnahkan Bareskrim Polri
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sebanyak 1,5 ton narkoba dari hasil penyelundupan jaringan internasional selama kurun Januari hingga Juni 2019 dimusnahkan oleh  Direktorat Narkoba Bareskrim Polri.
 
“Mulai Januari sampai Juni Direktorat Narkona Bareskim mengungkap sekian puluh tersangka dengan barang bukti 1,5 ton,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dr Dedi Prasetyo MHum MSi MM, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari laman Tribratanews.polri, Selasa (09/07/2019).
 
Selain itu, lanjut Dedi, pihaknya juga menetapkan 27 orang sebagai tersangka, beberapa di antaranya merupakan warga negara asing.Barang bukti itu kemudian dimusnahkan dengan mesin khusus atau insimilator di Bareskrim Polri. Pemusnahan itu juga melibatkan pihak kejaksaan dan bea cukai.
 
Wadir IV Direktorat Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Krisno Siregar menambahkan, ada 2 pengungkapan terbaru yang dilakukan Direktorat IV Bareskrim Polri dengan barang bukti 72 kg sabu dan puluhan ribu butir ekstasi. Sisanya pengungkapan dilakukan jajaran di daerah.
 
“Pertama pengungkapan 22 kg sabu dan 10 ribu butir ekstasi di Bengkalis pada 28 Juni. Ada 6 tersangka, ditangkap secara berkelanjutan dan berhasil ditangkap 26 orang. Tujuan akhirnya akan diedarkan di kota besar,” ungkap Wadir Ditpid Narkoba.
 
Para tersangka dijerat pasal 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.Atas pengungkapan 1,5 ton narkoba itu, sebanyak 150 juta jiwa terselamatkan.(BS04)