Pendidikan

Yayasan Pendidikan Babar Sari Gelar Pentas Seni, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Baca Puisi

Yayasan Pendidikan Babar Sari Gelar Pentas Seni, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Baca Puisi
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Yayasan Pendidikan TK/SD Babarsari, yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting, Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, kembali menggelar "Gebyar Pentas Seni dan Olahraga Babarsari. Dilaksanakan secara sepekan yakni sejak 3-7 Maret 2020, kegiatan ini diwarnai dengan kompetisi Baca Puisi, Pidato Bahasa Inggris, Tahfidz Alquran, Fashion Show, Futsal, Badminton, Mewarnai, Jarlisku, hingga Tari Kreasi.
 
Kepala SD Babarsari Ati br Tarigan SPd mengatakan, pekan kreasi dan olahraga ini digelar dengan tujuan meningkatkan kreativitas anak dalam berprestasi. "Kompetisi ini digelar agar para siswa lebih akrab dan mampu bersaing secara bersahabat. Kita ingin membentuk generasi yang lebih baik, kreatif, cerdas dan berbakat namun tetap jujur, sportif dan punya rasa kekeluargaan antar sesama anak didik," ujarnya di sela-sela Lomba Baca Puisi, Kamis (05/03/2020).
 
Perlombaan baca puisi yang diikuti hampir 70 siswa dari berbagai sekolah di sekitar Pancur Batu itu, mengundang dua dewan Juri yang juga Komite Sastra Dewan kesenian Medan, yakni Sakinah Annisa Mariz (Sastrawan, Blogger dan Influencer), beserta Penyair, Sastrawan Nasional S Ratman Suras.
 
Dijelaskan Ati, Pentas Seni merupakan kegiatan tahunan SD Babarsari yang selalu dinanti-nantikan oleh siswa, guru, maupun Orangtua. "Siswa kami sangat bersemangat dalam berkompetisi. Bahkan banyak siswa yang mengikuti lebih dari 3 perlombaan per orang. Kami sangat bangga mereka berani tampil, urusan menang atau kalah itu belakangan. Yang lebih penting mentalnya sudah terlatih untuk siap maju," sambung Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan ini.
 
Sebagai Alumni Bahasa Indonesia, Ati mengaku siswanya sangat tertarik dengan pembelajaran bahasa, terutama sastra. "Siswa kami di kelas 3,4,5 dan 6 ini suka membaca puisi ataupun karya sastra seperti cerpen atau cerita anak. Sudah sering kita adakan perlombaan, bahkan bisa memotivasi siswa yang selama ini kurang minat di pembelajaran kelas, ternyata tampil bagus saat mengikuti lomba baca puisi," jelasnya.
 
Dia berharap kompetisi ini dapat terus menjadi ciri khas YP Babarsari, dimana tidak hanya mencetak generasi yang unggul, mampu bersaing, namun juga bertumbuh bersama. "Kita semua berharap sinergi antara Guru, Orangtua dan siswa berjalan baik. Ketika mereka lulus SD dan akan melanjutkan pendidikan di SMP, pengalaman berkompetisi ini akan menjadi bekal masa depannya," tandasnya sembari menginformasikan bahwa pengumuman pemenang akan berlangsung di hari terakhir yaitu Sabtu (07/03/2020). (BS02)