Pendidikan

Wisuda Mahasiswa, Prof Runtung Sitepu: USU Peringkat 7 Pengabdian Masyarakat


Wisuda Mahasiswa, Prof Runtung Sitepu: USU Peringkat 7 Pengabdian Masyarakat
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MH mengaku, dari hasil kinerja pengabdian masyarakat perguruan tinggi tahun ini, USU berhasil menduduki peringkat 7, atau mengalami kenaikan hingga 45 peringkat dari tahun 2016 yang hanya berada pada peringkat ke-52.
 
"Tentu ini sebuah kabar yang sangat menggembirakan dan diharapkan mampu memotivasi para dosen, peneliti dan guru besar yang ada di lingkungan USU, untuk meningkatkan produktivitasnya," ucap Rektor USU Prof Runtung Sitepu dalam acara wisuda lulusan USU dari Diploma, Strata I, II dan III di Gedung Auditorium USU, Senin (25/11/2019). 
 
Kata Rektor, untuk perolehan jumlah publikasi ilmiah terindeks scopus pada jajaran perguruan tinggi di Indonesia, hingga November ini, Universitas Sumatera Utara berada pada peringkat 10, di luar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Adapun data yang tercatat di database Scopus hingga November 2019, jumlah publikasi yang telah dihasilkan USU sudah mencapai 3.792 artikel secara kumulatif. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 yang hanya sebanyak 2.762 artikel, serta di tahun 2017 sebanyak 1.150 artikel dan di tahun 2016 sebanyak 676 artikel.
 
Dari capaian publikasi internasional, pada bulan April 2019 lalu, Scimago sebagai salah satu institusi pemeringkatan dunia menempatkan USU pada peringkat 1 perguruan tinggi di Indonesia, setelah pada tahun sebelumnya yakni 2018, USU berada pada peringkat ke 3. Dengan kedudukan tersebut, berarti USU telah mengalami peningkatan sebanyak dua peringkat. Sementara pada peringkat dunia, USU berhasil menduduki peringkat 536  dari sebelumnya di peringkat 674. 
 
"Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang baik atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para orang tua wisudawan/wisudawati dan keluarga yang telah mendukung keberhasilan para wisudawan/wisudawati," tambahnya.  
 
Dijelaskan Rektor, pada periode I Tahun Akademik 2019/2020 ini jumlah wisudawan sebanyak 3.044 orang yang telah menyelesaikan studinya mulai dari Agustus hingga Oktober 2019. Universitas Sumatera Utara, tambah Rektor, dalam usianya yang telah mencapai 67 tahun, sudah sangat banyak meraih kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya.
 
Perbaikan demi perbaikan yang diupayakan melalui kerja keras oleh seluruh unsur Pimpinan, baik di tingkat Rektorat maupun Dekanat, para dosen dan tenaga kependidikan, dan tak luput pula peran para mahasiswa Universitas Sumatera Utara, hingga tahun ketiga masa kepemimpinan ini, telah mampu membuat semua tersenyum dan berbangga menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Sumatera Utara. 
 
Meskipun telah banyak prestasi yang diukir hingga tahun 2019 ini, sambung Rektor USU, namun itu tidaklah menghentikan langkah Rektorat untuk terus bekerja keras meningkatkan kualitas pendidikan dan kelembagaan di tengah masyarakat. Melainkan kian melecut dan memotivasi USU untuk terus berpacu dalam mewujudkan keinginan semuanya, menjadikan Universitas Sumatera Utara sebagai perguruan tinggi yang terdepan dan terpercaya. "Pembenahan terus dilakukan dalam berbagai bidang untuk mengejar ketertinggalannya dari perguruan tinggi terkemuka yang ada di Pulau Jawa," terang Rektor. 
 
Hingga pada bulan ke-11 di tahun 2019 ini, tuturnya, USU telah menunjukkan berbagai peningkatan yang signifikan dan menggembirakan. "Sudah tentu tidak bisa berhenti dan hanya berpuas diri pada peningkatan reputasi di level nasional, karena USU juga telah bersiap menjadi perguruan tinggi berstandar internasional. Bahkan, kita berharap ke depan USU mampu mengukuhkan dirinya sebagai perguruan tinggi terkemuka di kawasan Asia," pungkasnya. (BS04)

Tag:pengabdian masyarakatRektor USURuntung SitepuWisuda Mahasiswa