Pendidikan

Unimed Beri Bantuan Hampir 1,2 Miliar untuk Mahasiswa Beli Paket Internet


Unimed Beri Bantuan Hampir 1,2 Miliar untuk Mahasiswa Beli Paket Internet
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Universitas Negeri Medan (Unimed) memahami kondisi yang dialami mahasiswa di tengah wabah virus corona (Covid-19), terkhusus kepada puluhan ribuan mahasiswanya. Apalagi sejak diberlakukan kuliah daring sejak 16 Maret hingga 17 April 2020, tentu mahasiswa membutuhkan sedikit dana untuk beli paket internet.

Walaupun seluruh mahasiswa telah memperoleh paket gratis 30 GB dari kerjasama dengan Telkomsel dan Indosat. Seluruh warga Unimed yang memiliki kartu Telkomsel dan Indosat telah memperoleh paket gratis tersebut. Kerjasama ini dilakukan dengan dua provider besar tersebut guna mendukung dan memberi kemudahan kepada warga Unimed.

Menyikapi hal tersebut, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MKes, membuat terobosan baru dengan membantu mahasiswa membeli paket internet sebesar Rp 50 ribu/mahasiswa."Bantuan itu diberikan untuk mendukung penyelenggaraan perkulihaan daring," ujar Rektor dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (05/04/2020).

Melalui surat edaran No: 000990/UN33/LL/2020 tanggal 2 April 2020 yang ditujukan kepada seluruh dekan Fakutas, Direktur Pascasarjana, Rektor Dr. Syamsul mengatakan kebijakan itu menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 302/E.E2/KR/2020 tanggal 31 Maret 2020 perihal masa belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan, bahwa Unimed memberikan bantuan dana bagi setiap mahasiswa sebesar Rp 50 ribu.

Dana tersebut, kata Rektor, untuk keperluan pembelian paket internet/pulsa dalam rangka mendukung proses pembelajaran dari rumah melalui sistem pembelajaran daring.Mengenai proses pembayaran bantuan tersebut, jelas Rektor, langsung ditransfer ke rekening mahasiswa. “Untuk itu kepada seluruh mahasiswa segera memberitahukan nomor rekening banknya yang aktif melalui jurusan/prodi masing-masing,” imbau Rektor.

"Selama masa pencegahan penyebaran Cover-19, alhamdulilah kuliah Daring berjalan dengan aman dan lancar, hingga saat ini belum ada kendala. Pelaksanaan ujian tugas akhir skripsi dan tesis juga berjalan dengan sukses," sambung Rektor.

Pemberitahuan nomor rekening bank paling lambat diberikan pada selasa 7 April 2020. Selanjutnya data tersebut dikirimkan ke Bagian Keuangan BUK Unimed melalui fakultas masing-masing. Bantuan tersebut melalui bank akan langsung ditransferkan kepada mahasiswa.

Wakil Rektor 2 Dr Martina Restuati, menyebutkan bahwa saat ini jumlah mahasiswa Unimed yang masih aktif terdata ada 23.788 orang. "Jika dikalikan Rp 50 ribu, maka bantuan yang diberikan Unimed kepada mahasiwa hampir sebesar Rp 1,2 Miliar. Kita berharap bantuan ini dapat mendukung kuliah Daring seluruh mahasiswa Unimed," pungkasnya.(BS09)


Tag:CoronaCOVID 19COVID-19UnimedVirus CoronakampusMahasiswa