Pendidikan

Tokoh Nasional dan Sejumlah Kepala Daerah Hadiri Peresmian Perpustakaan Larfan Pane di Sipirok

Tokoh Nasional dan Sejumlah Kepala Daerah Hadiri Peresmian Perpustakaan Larfan Pane di Sipirok
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sejumlah tokoh nasional  dan kepala daerah di wilayah Tapanuli Raya  yang meliputi, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, menghadiri peresmian perpustakaan Lafran Pane di Desa Pangurabaan Sipirok, Senin (05/02/2018).
 
Sejumlah tokoh nasional itu seperti, inisiator pengusulan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional, Akbar Tanjung, Auditor Utama BPK RI Harry Azhar Aziz, Kepala Perpustakaan Nasional RI Mhd Syarif Bando, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, anggota DPR-RI Komisi III HR Muhammad Syafii. Sedangkan kepala daerah yang datang seperti, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk.
 
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, peresmian perpustakaan Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, sengaja dibuat dengan acara khusus dengan mengundang tokoh-tokoh HMI di Indonesia. Menurutnya, pembangunan perpustakaan tersebut dimulai pada akhir 2016. ”Jauh sebelum Lafran Pane dinobatkan menjadi pahlawan nasional, Pemkab Tapsel sudah membuat gedung perpustakaan dengan nama Perpustakaan Umum Daerah Prof Lafran Pane, Kabupaten Tapsel,” ujarnya.
 
Diceritakannya, pada awalnya, gagasan untuk menjadi Lafran Pane sebagai pahlawan nasional diketahuinya melalui Akbar Tanjung. Saat itu, Akbar Tanjung mengajaknya agar mendukung rencana Lafran Pane sebagai salah satu tokoh nasional yang akan dijadikan pahlawan nasional. ”Ketika saya dihubungi bang Akbar, saya langsung menyambut baik rencananya itu,” ujarnya. 
 
Dia mengatakan, khusus untuk di Tapsel, berbagai upaya percepatan rencana itu dilakukan seperti, menggelar seminar disejumlah kampus diantaranya di Universitas Graha Nusantara. ”Kami mengadakan seminar-seminar untuk mempercepat gelar itu didapatkan,” ujarnya. 
 
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah mendukung upaya penobatan gelar pahlawan nasional itu.
 
Sementara itu,  Iqbal Pane, yang merupakan anak kandung dari Lafran Pane mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh elemen yang sudah berjasa untuk menjadikan orang tuanya sebagai pahlawan nasional. Menurutnya, dengan dibangunnya perpustakaan itu, maka hubungan dengan masyarakat di Desa Pangurabaan akan semakin terjalin.
 
”Jujur, saya jarang ke desa tempat kelahiran orang tua saya. Dengan dibangunnya perpustakaan ini, maka saya akan semakin dekat dengan masyarakat di tempat ini," ujarnya.(rel)