Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan SDM, Pemkab Simalungun Kerjasama dengan Unimed

Try Try
Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan SDM, Pemkab Simalungun Kerjasama dengan Unimed
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan, sumberdaya manusia (SDM) dan potensi daerah di Kabupaten Simalungun. 
 
Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dengan Bupati Pemkab Simalungun Dr JR Saragih SH MM disaksikan oleh Wakil Rektor I Dr Retu MS, Wakil Rektor II Dr Matina Restuati MSi, Wakil Rektor IV Prof Manihar Situmorang MSc PhD, Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd.
 
"Kami terus berkomitmen untuk memajukan Pemkab Simalungun menjadi kabupaten unggul di Sumatera Utara, Nasional maupun mancanegara. Kami bekerjasama dengan Unimed karena kami menganggap unimed yang paling kredibel dan berpengalaman dalam meningkatkan mutu pendidikan.Melalui MoU ini kita akan serius dan sungguh-sungguh dalam menata ulang untuk memajukan mutu SDM dan kualitas pendidikan di Simalungun, baik mengenai peningkatan SDM kepala sekolah dan guru, pengawasan semua kebijakan pengembangan SDM dan manajemen pendidikan,” ungkap Bupati dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (16/02/2020).
 
Sementara itu, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom mengaku bangga dan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Simalungun dalam meningkatkan memajukan mutu pendidikan dan SDM serta pengembangan potensi di daerahnya. "Jalinan kerjasama menguatkan bukti bahwa Unimed terus eksis dan berperan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di Sumatera Utara. Kerjasama pada hari ini mudah-mudahan jadi awal baik untuk keberhasilan Kabupaten Simalungun dalam mensejahterakan rakyat dan meningkatkan mutu pendidikan," jelas Rekto.
 
Selain MoU, Ratusan Guru, Dosen dan Kaprodi Universitas Efarina (UNEFA) mengikuti Program Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) oleh Rektor Unimed. Program ini menginspirasi puluhan dosen tersebut dengan menjelaskan bagaimana meningkatkan mutu kualitas mahasiswa, lulusan, dosen, dan kurikulum pendidikan di era revolusi industri 4.0., salah satunya dengan menjelaskan pembelajaran bebrbasis KKNI dan sistem pembelajaran daring yang telah diterapkan di Unimed.
 
Plt Rektor UNEFA Dr Sondang Sidabutar SKM MKes mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Pimpinan Unimed yang bersedia hadir dan memberikan masukan mengenai PEKERTI AA. "Kita juga telah membangun bekerjasama dengan Unimed tahun 2019 lalu, karena kami percaya Unimed salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara yang konsen terhadap kemajuan pendidikan. Semoga acara ini memberikan pengetahuan baru, pengaruh positif dan masukan terhadap pendalaman kurikulum pendidikan bagi dosen dan guru. Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut dan ditingkatkan," ungkapnya.(BS09)