Senin, 23 September 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Siswa SMA Sutomo 1 Medan dan SMA Methodist 3 Medan Bawa Indonesia Berjaya di Olimpiade Geografi Internasional

Siswa SMA Sutomo 1 Medan dan SMA Methodist 3 Medan Bawa Indonesia Berjaya di Olimpiade Geografi Internasional

Minggu, 11 Agustus 2019 07:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional, kali ini diraih pada ajang bergengsi Olimpiade Geografi tingkat Internasional ke-16 atau 16th International Geography Olympiad (IGeO) 2019, berlangsung pada 30 Juli-5 Agustus 2019, di Hongkong. Dengan raihan dua medali emas dan dua perak, Indonesia dinobatkan sebagai juara umum pada IGeO 2019, yang diikuti 176 peserta dari 44 negara.
 
Keempat medali tersebut, dua medali emas diraih oleh Fernando, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sutomo 1 Medan, dan Fayola siswa SMA Methodist 3 Medan. Sedangkan dua medali perak diraih oleh Hadyan F. Anshori siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Gorontalo dan Agista Kumala Dewi siswa SMA Semesta BBS Semarang.
 
Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Ditjen PSMA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Juandanilsyah menyambut kedatangan para siswa yang telah mengharumkan nama Indonesia tersebut di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. "Terimakasih, alhamdulillah, anak-anak ini hebat, dan ini kali pertama Indonesia menjadi juara umum pada ajang Olimpiade Geografi Internasional dan luar biasa bisa bersaing dengan negara hebat lainnya," ungkap Juandanilsyah dilansir dari laman kemdikbud, Minggu (11/08/2019).
 
Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah, Juandanilsyah mengatakan, Kemendikbud akan memberi penghargaan berupa beasiswa pendidikan hingga ke perguruan tinggi kepada para peraih medali. "Tentunya kepada mereka tetap diberikan beasiswa. Suport dari kami, program bantuan kepada adik-adik ini, ada sesuatu yang bisa kita berikan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi," ujarnya.
 
Salah satu peraih medali emas, Fayola merasa terkejut dirinya bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. "Sebenarnya saya cukup terkejut bisa mendapat medali, karena pada saat mengerjakan soal sebetulnya kurang menguasai juga, tapi puji Tuhan bisa menorehkan prestasi untuk Indonesia," ujar Fayola.
 
Menceritakan pengalamannya saat berkompetisi, Feyola menambahkan, negara-negara lain sangat kompetitif dan banyak negara hebat lainnya yang juga bersaing pada ajang olimpiade ini. "Saingan paling berat itu Amerika Serikat dan untuk Asia, ada Thailand," ujarnya.
 
Sebelum berangkat ke Hongkong, ke-4 peserta diberi pembinaan oleh asisten dan dosen dari beberapa perguruan tinggi, diantaranya dari Fakultas Ilmu Kebumian, Institut Teknologi Bandung (ITB), Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), serta para alumni peserta IGeO yang telah mengikuti ajang ini pada tahun sebelumnya. "Saya belajar selama kurang lebih satu tahun untuk olimpiade ini dan saya tentunya lebih banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkasnya.(BS09)
T#g: IGeo Hongkong Indonesia Olimpiade Geografi SMA Methodist3 Sutomo MedanSMA Sutomo1
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 13 jam lalu

    Kodam Brawijaya Gelar PBB Tingkat SLTA

    Beritasumut.com-Gor Hayam Wuruk, Makodam V/Brawijaya, tampak terlihat ramai dari biasanya. Pasalnya, di lokasi itu, telah berlangsung perlombaan ba

  • 14 jam lalu

    Harhubnas Momentum Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Tertib Dan Patuh

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH melepas peserta Fun Walk (jalan santai) di Jalan Pulau Pinang Medan, Mingu (22/09/2019)

  • 15 jam lalu

    Walikota Berharap PMI Beri Pelayanan Optimal Bagi Warga Medan

    Beritasumut.com-Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum Renward Parapat menghadiri HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-74

  • 16 jam lalu

    Personel Satgas Yonif MR 411 Pandawa Kostrad Bantu Persalinan Warga di Tapal Batas

    Beritasumut.com-Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raide

  • 23 jam lalu

    Wali Kota Sibolga Pastikan Pelayanan RSU FL Tobing Berjalan Baik

    Beritasumut.com-Sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan umum, dan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menaikkan derajat kesehat

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.