Pendidikan

Siswa SD Tuangkan Keberagaman Kota Medan Melalui Lukisan

Siswa SD Tuangkan Keberagaman Kota Medan Melalui Lukisan
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Puluhan siswa SD dari 21 kecamatan di Kota Medan, menuangkan kreativitas dan pendapatnya tentang keberagaman Medan melalui lukisan. Hal ini digelar pada hari terakhir event Medan Berseni 2018 oleh Dewan Kesenian Medan (DKM) bersama Dinas Kebudayaan Medan, di Merdeka Walk, Minggu (15/10/2018) siang. 
 
Dalam pelaksanaannya, perlombaan dibagi menjadi dua kategori yaitu Kelas 1-3 SD, dan Kelas 4-6 SD. Diselingi dengan alunan lagu-lagu ceria, para siswa SD ini tampak serius dan antusias mengekspresikan dirinya ke dalam karyanya.
 
"Seni itu bentuk ekspresi diri. Kita hadirkan tema Keberagaman ini kepada para siswa SD di Lomba Melukis, sebagai kepedulian dan sarana edukasi kepada generasi muda. Berbeda itu harusnya indah dan rukun. Saling menjaga dan mendukung, apalagi Medan ini potret kecil Indonesia, kita harus Bhinneka Tunggal Ika," ujar Ketua BPH DKM Rianto Aghly SH, sembari mengawasi jalannya perlombaan Melukis.
 
Menurut pria yang kerap disapa Anto Genk ini, mendidik karakter generasi muda melalui kesenian haruslah dimulai dengan serius. "Mendidik generasi untuk bangga terhadap budayanya harus dimulai dengan memperkenalkan apa itu seni dan budaya daerahnya, terlebih dahulu. Sudah dikenali, lalu kita ajak bersinergi, bersama-sama menjaga dan melestarikan. Dan ini mesti ada bimbingan, berkelanjutan, sehingga ada hasil yang bisa diukur," jelasnya.
 
Lomba Melukis tersebut berakhir pada pukul 16.00 WIB, dengan menghasilkan 11 nama pemenang, yaitu 6 kategori untuk siswa kelas 1-3 SD, dan 5 kategori untuk siswa kelas 4-6 SD. Salah seorang peserta yang berhasil menyabet Juara 2, Roderick Xavier, siswa kelas II SD Sutomo 1 Medan ini mengaku sangat bahagia bisa memenangkan perlombaan ini. "Senang, bisa buat bangga Orangtua," ucapnya riang.
 
Demikian pula dengan penyabet Juara 1, siswa SD Kelas 5 Al Ulum Jalan Tuasan Medan, mengaku gembira dengan kemenangannya di lomba ini. Didampingi Ibu dan Adik lelakinya Dimas tampak bahagia. "Alhamdulillah, senang sekali," tandasnya. (BS02)