Sabtu, 21 September 2019

Serdang Bedagai Pacu Percepatan Kabupaten Layak Anak

Rabu, 18 April 2018 15:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2018 kembali menambah jumlah desa layak anak di kabupaten tersebut. Program yang telah digagas sejak tahun 2010 tersebut dimaksudkan untuk semakin mempercepat Kabupaten Serdang Bedai sebagai Kabupaten Layak Anak di Indonesia. 
 
“Sampai tahun 2018 sudah ada 30 desa yang ditetapkan sebagai desa layak anak dan tahun 2018 ini ada tiga desa lagi yang akan difasilitasi menuju desa layak anak sesuai Keputusan Bupati No. 179/18.31/2018 yaitu Desa Pasar Baru di Kecamatan Teluk Mengkudu, Desa Binjai Kecamatan Tebing Syahbandar dan Desa Kulasar di Kecamatan Silinda,” kata Bupati Serdang Bedagai, H Soekirman dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial, Ir H Kaharuddin,  pada pembukaan kegiatan tersebut di aula kantor Desa Pasar Baru, Selasa (17/04/2018).
 
Lebih lanjut, Soekirman menyampaikan bahwa pengembangan desa layak anak yang mereka lakukan bertujuan untuk lebih mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak dapat lebih dipastikan di Kabupaten Serdang Bedagai. 
 
“Kita menyadari bahwa anak merupakan potensi yang sangat penting, generasi penerus bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia yang akan menjadi pilar utama pembangunan sehingga perlu dilindungi dan dipenuhi hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang dalam satu lingkungan yang layak anak” tegas Bupati dihadapan 90 orang peserta dari berbagai unsur SKPD, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, forum anak dan perwakilan lembaga sosial di Serdang Bedagai.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Serdang Bedagai, Hj Irwani Jamilah SH MSi, dalam laporannya menyampaikan bahwa perluasan desa layak anak sampai ke desa dimaksudkan untuk memperkuat komitmen dan kebijakan stakeholder terkait pentingnya pemenuhan hak-hak anak berbasis desa.
 
Irwani Jamilah juga menyampaikan, untuk memfasilitasi ketiga desa tersebut menjadi desa layak anak pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) yaitu Sulaiman Zuhdi Manik memfasilitasi di Desa Pasar Baru dan Misran Lubis di Desa Binjai dan Desa Kulasar. 
 
Tahap awal fasilitasi yang mereka lakukan adalah sosialisasi desa layak anak, pembentukan gugus tugas desa layak anak dan pementukan forum anak desa. 
 
Fasilitator kegiatan, Sulaiman Zuhdi Manik, dalam presentasinya di hadapan peserta mengingatkan, pemerintah desa memiliki kemandirian dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bersumber dari alokasi dana desa untuk mewujudkan desa layak anak. “Pasal 7 dan 8 serta lampiran I Peraturan Menteri DesaPembanunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi No. 19/2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2018 mengatur bahwa dana desa dapat dipergunakan untuk perlindungan perempuan dan anak,” tegas Sulaiman.(rel)
T#g:Kabupaten Layak Anakkota layak anaklayak anakliterasi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Kabupaten Deli Serdang Raih Penghargaan KLA Kategori Madya

    Beritasumut.com-Komitmen pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam melayani masyarakat di daerahnya, terutama mengenai perlindungan dan pemenuhan hak

  • 2 bulan lalu

    Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak 2019 Kategori Pratama

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan Kembali Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempua

  • 3 bulan lalu

    Balai Bahasa Sumut Gagas Acara Diseminasi Gerakan Literasi Nasional di Gunungsitoli

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Gunungsitoli melalui Bagian Kesra dan Pemberdayaan Masyarakat memfasilitasi kegiatan sosialisasi atau Disem

  • 3 bulan lalu

    Terima Tim Verifikasi Kota Layak Anak, Pemko Medan Akan Tingkatkan Fasilitas Bagi Anak

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setdako Medan, Ir Khairul Syahnan, menerima keda

  • 5 bulan lalu

    Walikota Medan Buka Lomba Minat Baca dan Pameran Buku dan IT

    Beritasumut.com-Guna meningkatkan minat baca masyarakat Pemko Medan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan menggelar lomba minat baca

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.