Pendidikan

Sampoerna Academy Donasikan 60 unit Komputer untuk SMP Negeri 10 Medan


Sampoerna Academy Donasikan 60 unit Komputer untuk SMP Negeri 10 Medan
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Komitmen meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu proses mengajar guru, Sampoerna Academy di Medan menyumbangkan 60 unit komputer kepada SMP Negeri 10 Medan, Jalan Jamin Ginting Kota Medan, Senin (25/11/2019).
 
Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs H Marasutan Siregar MPd, Kepala Sekolah Sampoerna Academy di Medan Hugo Liz De Castro, Kepala SMP Negeri 10 Medan Drs H Rajo Batubara MPd, para guru, dan awak media. 
 
Sampoerna Academy sebagai sekolah internasional berbasis kurikulum terbaik yang disesuaikan (IEYC, Cambridge, IBDP), serta pelopor metode pengajaran STEAM ini telah hadir di 3 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan.
 
Terkhusus di Medan, Sampoerna Academy (dulu dikenal dengan nama Piaget Academy School Medan) telah hadir lebih dari 13 tahun dan mencetak  generasi berprestasi skala internasional.
 
Kepala Sekolah Sampoerna Academy di Medan, Hugo Liz De Castro mengatakan, pihaknya menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dan metode pengajaran STEAM (Sains, Teknologi, Engineering, Arts dan Matematika).
 
"Kami melihat potensi siswa di SMPN 10 Medan ini dan ingin mendukung mereka mewujudkan prestasinya. Sumbangan berupa Lab Komputer lengkap dengan 60 unit komputernya adalah bentuk kepekaan kami sebagai sesama sekolah," ujar Hugo dalam sambutannya.
 
Pemberian sumbangan yang bertepatan dengan momen Hari Guru Nasional ini, dilaksanakan Sampoerna Academy bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Medan. "Kami memilih sekolah ini karena dikenal memiliki siswa-siswi berprestasi namun terbatas sarana fasilitas IT. Selain itu, lokasinya dekat dengan kampus Sampoerna Academy Citra Garden," papar Hugo.
 
Hugo juga berpesan, bahwa seorang guru seumpama lilin yang menerangi kehidupan. "Maka kita adalah lilin yg menerangi kehidupan anak-anak kita. Selamat hari guru," ungkapnya. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Drs H Marasutan Siregar MPd menyebut pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya bantuan komputer dari Sampoerna Academy. Menurutnya, dengan semakin berkembangnya dunia pendidikan, digitalisasi dan komputerisasi menjadi suatu hal yang tak terelakkan.
 
"Terlebih sekarang kurikulum kita berbasis High Order Thinking Skills (HOTS). Jadi kita terbantu sekali dengan adanya perhatian dari Sampoerna Academy untuk pengadaan Lab dan komputer ini. Karena ke depannya, proses belajar mengajar akan semakin berinovasi," sebut Kadisdik Medan.
 
Senada dengannya, Kepala Sekolah SMPN 10 Medan, Drs Rajo Batubara MPd menyebutkan bahwa SMP Negeri 10 sudah 54 tahun beroperasi. "Alhamdulillah, siswa kita saat ini ada 1.059 orang dari 33 rombel. Dibangun tahun 1963, SMP ini beroperasi dan dibuka 1965. Jadi sudah 8 kepala sekolah memimpin SMP yang luasnya 3632 m2 ini," terangnya.
 
Dengan luas bangunan dan jumlah siswa yang banyak tersebut, pihaknya terpaksa menjadwal pembelajaran menjadi 2 (dua) gelombang. "Pagi untuk kelas 8,9 dan siang untuk kelas 7. Kalau jumlah gurunya ada 54 dan Tenaga Honorer ada 7," ucapnya.
 
Dikatakannya, peminat yang melamar ke SMP Negeri 10 ini sangat tinggi. "Karena itu, selain bantuan perlengkapan belajar, kita masih butuh fasilitas 11 ruang belajar lagi," tuturnya.
 
Dia berharap, dengan adanya kerjasama ini SMP Negeri 10 dapat lebih unggul dalam mempersiapkan generasi berprestasi. "Dengan bantuan Lab dan 60 unit komputer ini, mudah-mudahan SMPN 10 lebih berkembang. Apalagi kami sudah diberi kesempatan untuk bisa sharing dan kerjasama dengan Sampoerna Academy di bidang ekstrakulikuler. Kami akan memanfaatkan bantuan itu sebaik-baiknya," tandasnya. (BS02)

Tag:Dinas PendidikanDonasi KomputerKadisdik MedanSMPN 10Sampoerna Academy