Pendidikan

Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry Aceh Kembali Raih Akreditasi A


Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Ar-Raniry Aceh Kembali Raih Akreditasi A
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.comâ€"Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali meraih akreditasi A. Penilaian ini berdasarkan Surat Keputusan Perpanjangan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.2792/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020, dengan masa berlaku mulai 5 Mei 2020 hingga 5 Mei 2025.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim fakultas, prodi, mahasiswa, alumni, karyawan dan tentunya teristimewa untuk pimpinan Universitas atas keberhasilan Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) meraih akreditasi A.

"Ini hasil yang positif dan bentuk kerja keras tim Rektorat, Fakultas dan Prodi. Tentunya, hasilnya yang diraih menjadi momen yang sangat tepat disaat proses penerimaan mahasiswa baru seperti sekarang ini," kata Dr Fauzi melalui siaran pers, Kamis (07/05/2020).

Selain itu, dia juga berharap 2 (dua) Prodi lainnya di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, masing-masing Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) dan Prodi Ilmu Perpustakaan juga terakreditasi A dengan peringkat unggul.

Sebelumnya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Phil Abdul Manan MSc MA menjelaskan sesuai dengan Pasal 6 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan Peraturan BAN PT No 1 Tahun 2020, perguruan tinggi tidak perlu menyampaikan surat permohonan perpanjangan akreditasi.

Menurut, Abdul Manan BAN-PT akan memperpanjang kembali jangka waktu akreditasi selama lima tahun selama tidak ada laporan pengaduan dari masyarakat. "Masa akreditasi prodi BSA sebelumnya berakhir pada 26 Desember 2019. Namun setelah dikirim surat pembatalan visitasi akreditasi pada prodi BSA. Maka BAN-PT akan memperpanjang kembali akreditasi selama lima tahun dengan hasil akreditasi sebelumnya," kata Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry ini.

Sementara itu, Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Dr Zulhelmi MHSc mengatakan bahwa sebelumnya Prodi BSA telah menyiapkan borang 7 standar secara maksimal dan berdasarkan hasil simulasi oleh asesor internal UIN Ar-Raniry mampu meraih nilai A. (Rel)


Tag:AkreditasiBahasa Arabbanda AcehKampus UINUIN AcehUIN ArRaniry