Pendidikan

Praktisi Ilmu Perpustakaan UMY Isi Kuliah Tamu di UIN Ar-Raniry


Praktisi Ilmu Perpustakaan UMY Isi Kuliah Tamu di UIN Ar-Raniry
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Praktisi Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Drs Lasa Hs MSi, memberikan kuliah umum bagi Dosen dan mahasiswa prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, di Aula Fakultas kampus tersebut, Kamis (14/11/2019).
 
Kuliah tamu yang mengusung tema “Manajemen Perpustakaan Modern Berbasis Teknologi Informasi” yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry dipandu oleh Drs. Saifuddin A. Rasyid MLIS yang turut dihadiri oleh ratusan mahasiswa, dosen dan para alumni.
 
Dalam materinya, Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Lasa Hs menjelaskan bahwa perpustakaan era kini harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi.
 
Menurut, lasa kemajuan teknologi informasi membuat peran perpustakaan terasa semakin penting. Oleh karena itu, perpustakaan harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi saat ini serta tidak menutup diri atas kemajuan teknologi. “Perpustakaan era kini harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi. Kalau kita tidak berubah, maka kita akan diubah,” kata Lasa Hs dihadapan mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Kamis (14/11/2019) di Aula Fakultas kampus setempat.
 
Saat ini, kata penulis buku kamus kepustakawanan Indonesia tantangan pustakawan dimasa mendatang akan semakin berat dan kompleks. Para pustakawan dituntut untuk menjadi seorang pustakawan multitasking yang juga mampu menjadi dosen, penulis, narasumber, reviewer dan lain sebagainya. “Perpustakaan tanpa teknologi akan ditinggalkan masyarakat. Manfaatkanlah kecanggihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan perhatikan juga humanisme dan pemberdayaan SDM,” lanjut Lasa diakhir materinya.
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Zubaidah MEd diera revolusi industri 4.0, perpustakaan jika tidak berubah dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman akan ditinggalkan oleh penggunanya.
 
“Perkembangan teknologi sebagai peluang bagi calon pustakawan, disisi lain menjadi tantangan dan kecemasan. Oleh sebab itu, jika perpustakaan tidak ingin tinggalkan maka harus dikelola dengan profesional, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan Teknologi”,kata Zubaidah saat membuka acara kuliah tamu Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS bahwa dalam menghadapi perkembangan teknologi era 4.0 harus dimulai dari mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang nantinya akan menjadi pustakawan. Dia berpesan agar mahasiswa, pustakawan dan perpustakaan dapat mengadopsi serta menyesuaikan diri sesuai perkembangan teknologi dengan memahami kebutuhan pemustaka. (Rel)

Tag:banda AcehIlmu PerpustakaanKuliah TamuUIN Ar-RaniryUIN Ar RaniryUMYYogyakarta