Pendidikan

Praktek Manasik Haji, 475 Pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Dairi Berkumpul di Taman Wisata Iman


Praktek Manasik Haji, 475 Pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Dairi Berkumpul di Taman Wisata Iman
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pengawas Pendidikan Guru Agama Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Dairi, Drs Abu Mansur dan Guru Agama Islam se-kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan bimbingan praktek manasih Haji bagi para pelajar SMA/SMK se-kabupaten. Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA/SMK. Bertempat di Taman Wisata Iman Dairi, kegiatan diikuti oleh seluruh siswa SMA/SMK yang beragama Islam se-kabupaten Dairi, Ahad (23/02/2020).
 
Ketua MGMP PAI SMA/SMK Dairi, Juhaidir Berutu SAg menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Praktek Manasik Haji untuk Siswa SMA/SMK ini dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah dalam kegiata KKG. "Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dan support dan pengawas guru PAI SMA/SMK, serta Orangtua siswa. Karena pelaksanaannya kita jadwalkan di luar jam sekolah. Ini juga sebagai belajar di luar kelas," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Senin (24/02/2020).
 
Juhaidir menambahkan, kegiatan ini penting untuk pembelajaran kepada siswa bagaimana indahnya praktek pelaksanaan ibadah haji. "Selain itu pemahaman dan pembelajaran juga diberikan dalam kegiatan ini dan harapan dapat meningkatkan nilai-nilai Islami bagi seluruh siswa. Untuk dapat lebih meningkatkan akhlak yang mulia, serta cerdas," sambungnya.
 
Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Melalui Peragaan Manasik Haji, Kita Tanamkan Nilai Islami dengan Membina Generasi Berakhlak Mulia, Religius, Cerdas dan Mandiri."Adapun jumlah seluruh siswa peserta kegiatan ini sebanyak 475 siswa dan ditambah 15 Guru SMA/SMK," terangnya.
 
Sementara itu, Pengawas Pendidikan Guru PAI SMA/SMK Abu Mansur menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru yang punya dedikasi dan keihklasan dalam melaksanakan kegiatan ini. "Apalagi ini di luar jam bekerja mereka," sebutnya.
 
Abu Mansur menyampaikan, kegiatan ini sangat positif dan diharapkan dapat berjalan terus dan dapat dijadikan sebagai kegiatan rutin. "Karena malalui kegiatan seperti ini akan lebih menyenangkan dalam memberikan pemahaman nilai-nilai pelaksanaan ibadah haji. Mereka akan memiliki keinginan untuk menjalankan ibadah haji dan mengetahui bagaimana pelaksanaannya," pungkasnya. (BS09)

Tag:Kemenag Dairimanasik hajiPemkab DairiTaman Iman