Rabu, 20 November 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, DLH Dairi Gelar Perlombaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Tinggal SD dan SMP

Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, DLH Dairi Gelar Perlombaan Pengetahuan Lingkungan Hidup Tinggal SD dan SMP

Minggu, 01 September 2019 08:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup tingkat SD dan SMP sederajat dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Akademi Perawat Dairi Sitinjo, akhir pekan kemarin. 
 
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr Eddy KA Berutu, Asisten Administrasi Umum Drs Sudung Ujung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Posma Tua Manurung, Direktur Akper Robert Silalahi, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah, Guru Pembimbing, Tim Juri dan para pelajar.
 
Kepala DLH Dairi, Posma Tua Manurung mengatakan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dirayakan pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Tujuan akhir dari kegiatan ini mencari tim terbaik yang mana nantinya akan diutus ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut). “Bahwa Kabupaten Dairi di tingkat Provinsi Sumatera Utara saat ini sangat disegani karena setiap tahun dari perlombaan yang dilaksanakan kita tetap mendapatkan juara I,” ujar ujar Posma dilansir dari laman dairikab.go.id, Minggu (01/09/2019).
 
Sementara itu, Bupati Dairi Eddy Berutu menjelaskan bahwa bumi hanya sebagian kecil dari keseluruhan galaksi dan Kabupaten Dairi hanya bagian kecil saja dari Asia Tenggara dan NKRI dan bisa bayangkan bahwa sangat kecil dari alam semesta ini. “Alam semesta ini dititipkan Tuhan kepada kita, kalau kita tidak bagus merawatnya akan menjadi bumerang bagi kita,” ujar Bupati.
 
Lebih jauh Bupati mengungkapkan, tema peringatan hari lingkungan biru langit menggambarkan upaya untuk mengendalikan polusi udara yang sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau, untuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor maka upaya untuk membuat kota hijau dengan memperbanyak ruang terbuka hijau. 
 
Untuk skala nasional, lanjutnya, pemerintah juga melakukan pengendalian polusi udara, antara lain dengan penerapan penggunaan bahan bakar bersih dengan bahan bakar setara standar euro 4. Penggunaan bahan bakar yang lebih bersih ini berpotensi menurunkan tingkat emisi CO sebesar 55% atau 280.721,8 ton/tahun, pengurangan emisi sulfur dioksida dan sekaligus memberikan keuntungan ekonomi sebesar Rp. 1.970 trilyun dari pengurangan biaya kesehatan. 
 
Bupati juga mengingatkan bahwa isu-isu strategis lingkungan yang dihadapi Kabupaten Dairi saat ini yaitu, degradasi hutan dan lahan, penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan dan masalah persampahan. 
 
“Kesadaran masyarakat atas pentingnya pelestarian lingkungan harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga dibutuhkan pendidikan lingkungan yang harus dimulai dari usia dini di mana sebagai contoh lomba pengetahuan lingkungan hidup yang dilaksanakan merupakan upaya jangka panjang yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnnya, dengan harapan generasi muda ini nantinya akan menjadi pemimpin yang peduli terhadap lingkungan dan diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan," pungkas Bupati.(BS09)
 
T#g:Hari Lingkungan Hidup se-DuniaLingkunganSekolah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 16 jam lalu

    Maulid Nabi Muhammad SAW, Plt Wali Kota Medan Bagikan 720 Tumbler Jaga Kelestarian Lingkungan

    Beritasumut.com-Memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, bertempat di DCruise Jl Yos Sudarso Medan, Selasa (19/11/2019) diwarnai dengan aksi ba

  • 17 jam lalu

    Kompetisi Berbasis Lingkungan Hidup Tingkat SD dan SMP Resmi Dibuka Plt Wali Kota Medan

    Beritasumut.com-Pemko Medan, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menggelar Kompetisi Berbasis Lingkungan Hidup untuk pelajar tingkat SD dan S

  • 21 jam lalu

    Plt Walikota Medan Buka Kompetisi Berbasis Lingkungan Hidup Untuk Siswa SD dan SMP

    Beritasumut.com-Pemko Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan menggelar kompetisi berbasis lingkungan hidup untuk siswa/i tingkat SD dan SM

  • 3 hari lalu

    Bupati Deli Serdang Terima Anugerah Kihajar dari Mendikbud

    Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Kihajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Anugerah ini

  • satu minggu lalu

    Terkait Pembuangan Babi Mati ke Sungai, Polsek Percut Awasi Peternakan Babi

    Beritasumut.com-Polsek Percut Sei Tuan gerak cepat untuk memantau pembuangan bangkai babi ke Sungai Percut Bagan, Desa Sampali, Kecamatan Percut Se

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.