Selasa, 10 Desember 2019

Penelitian FK UISU Raih Penghargaan AKCDI

Minggu, 27 Oktober 2019 22:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Rektor UISU, Dr H Yanhar Jamaluddi, MAP mengapresiasi dan bangga dengan prestasi yang berhasil ditorehkan DR Dr Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI yang juga Kaprodi di Fakultas kedokteran. Ini prestasi luar biasa dan harus menjadi motivasi bagi seluruh dosen yang ada di UISU. 
 
Hal itu disampaikan, Rektor UISU menanggapi pemberian Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kepada 10 orang dokter peneliti terbaik di Indonesia, termasuk DR Dr Umar Zein, DTM&H, Sp.PD, KPTI pada acara Gala Dinner AKCDI 2019, di Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, Sabtu (26/10/2019) malam.
 
Dijelaskan Rektor, bahwa UISU sesuai dengan visi dan misinya ke depan harus mampu menjadi perguruan tinggi yang islami dan bertaraf internasional. Hal itu dapat diraih, salah satunya melalui penelitian yang dapat dilakukan dosen-dosen di lingkungan UISU. 
 
Termasuk seperti yang dilakukan DR. Dr. Umar Zein bersama Tim dari Fakultas Kedokteran  yang melakukan penelitian tentang cacing pita. Keberhasilan Ketua Prodi FK UISU dalam penelitian cacing pita jenis Taenia Asiatica dengan panjang sekitar 10,5 meter lebih dari seorang warga Negeri Mariring, Silau Kahean, Simalungun, bernama Kalekson Saragih (64) menghantarkannya mendapat penghargaan AKCDI.
 
Sebelumnya, kata Rektor, DR Dr Umar Zein bersama tim dari Fakultas Kedokteran juga sukses melakukan lounching film pendek surat cinta buat Tegar. Sebuah film yang mengisahkan tentang pengidav HIV dan diskriminasi. 
 
Pada pemutaran film pendek di Kampus Fk UISU kemarin (15/10/2019), Rektor meminta Pemerintahan Propinsi Sumatera Utara untuk serius mencegah dan menangulangi muncul HIV (human immunodeficiency virus) yakni  virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.
 
Dikatakan Rektor melalui pemutaran film pendek ini berarti UISU ikut peduli dengan penderita HIV. Pemerintah juga harus punya kepedulian dan perhatian khusus terhadap pasien HIV. Pihaknya berharap UISU bisa berperan maksimal lewat program pengabdian masyarakat dengan melakukan sosialisasi bahaya HIV ke tengah-tengah masyarakat, dan juga melakukan pelatihan-pelatihan lainnya.
 
Sementara itu, terkait penghargaan AKCDI, DR Dr Umar Zein saat dikonfirmasi mengaku sangat senang dan bangga. "Alhamdulillah, pencapaian ini merupakan kesuksesan bersama Tim Peneliti Fakultas Kedokteran UISU pada 2017 silam yang lalu saat kami melakukan penelitian cacing pita di Simalungun," ungkap owner Klinik Penyakit Tropik yang berada di Jalan Denai itu.
 
Pria yang baru saja meluncurkan film pendek surat cinta buat Tegar ini, tak menyangka penelitiannya masuk menjadi finalis penelitian terbaik. 
 
"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu saya melakukan penelitian ini. Ke depan, kita berkeinginan adanya anggaran pemerintah untuk mengalokasikan pembelian obat praziquantel, karena penelitian kita kemarin harus membeli obat tersebut ke Vietnam dan kita berkeinginan agar permasalahan cacing pita di Sumut khususnya di Simalungun ditekan hingga menjadi nol," harapnya sembari menjelaskan pemeriksaan molekuler terhadap ruas cacing pita ini sudah dilakukan di Jepang.(BS06)
T#g:PTNPTSPenghargaan AKCDIpeneletian
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Mendag RI Resmikan Kantor BPTN di Medan, Wagubsu Harapkan Dapat Minimalisir Peredaran Barang Ilegal

    Beritasumut.com–Kantor Balai Pengawasan Tertib Niaga (BPTN) resmi dibentuk di empat kota yaitu Medan, Bekasi, Surabaya, dan Makassar. Peresmi

  • 2 bulan lalu

    Nurhasanah, Putri Anak Pedagang Kaki Lima Lulusan Terbaik Jurusan Ilmu Hukum

    Beritasumut.com-Seorang gadis bernama Nurhasanah Putri anak pedagang kaki lima, tak menjadi halangan baginya untuk kuliah dan lulus dengan hasil ya

  • 2 bulan lalu

    Motivasi 774 Mahasiswa Belajar di PTN, Bupati Labuhanbatu Serahkan Bantuan Dana Pendidikan

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT yang baru dilantik oleh Gubsu Edy Rahmayadi dengan program di bidang pendidikan

  • 2 bulan lalu

    UISU Hadirkan Dosen Malaysia, Prof Marmun: Rekontruksi Kurikulum dan Integrasi Keislaman

    Beritasumut.com-Dalam rangka menciptakan iklim akademik dan meningkatkan pemahaman keislaman terhadap mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020, Fakult

  • 4 bulan lalu

    Hasil Klasterisasi, Inilah Peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia

    Beritasumut.com-Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan hasil pemetaan atau klasterisasi perguruan tinggi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.