Senin, 20 Januari 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Pemko Medan Gelar Pekan Lingkungan Hidup 2019 di Perguruan Al Azhar

Pemko Medan Gelar Pekan Lingkungan Hidup 2019 di Perguruan Al Azhar

Kamis, 12 Desember 2019 23:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan menggelar Pekan Lingkungan Hidup tahun 2019, Kamis (12/12/2019). Perhelatan yang digelar dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup yang mengangkat tema Biru Langitku Hijau Bumiku ini berlangsung meriah, sebab diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Pameran, Talkshow, Fashion Show Bahan Daur Ulang, mewarnai dan Penampilan Teater serta hiburan.
 
Dalam Pekan Lingkungan Hidup tahun 2019 yang digelar di halaman Yayasan Perguruan Islam Al Azhar, Jalan Pintu Air ini, hadir Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Pembina Yayasan Perguruan Islam Al Azhar Mahyuzar Nasution, unsur Forkompinda, Pemerhati Lingkungan dan Pimpinan OPD serta Camat.
 
Dikatakan Plt Wali Kota Medan, bahwa berbagai masalah terkait permasalahan alam dan lingkungan Hidup saat ini menjadi kendala yang kita hadapi. "Ilmu pengetahuan dalam mengatasi permasalahan tersebut telah kita peroleh akan tetapi sulit bagi kita untuk menerapkannya. Oleh karena itu, perilaku dan karakter harus dibentuk agar dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut," ujarnya, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Kamis (12/12/2019).
 
Menurut Akhyar, perilaku diri merupakan tantangan yang utama dalam menghadapi permasalahan lingkungan termasuk perubahan iklim. "Artinya karakter diri seseorang untuk hidup bersih saat ini sangat dibutuhkan. Untuk itu mulai sejak dini kita terapkan karakter tersebut untuk kelangsungan hidup kedepannya yang lebih baik lagi," sambung Plt Wali Kota Medan.
 
Dijelaskan Akhyar, saat ini Kota Medan membutuhkan karakter hidup bersih. Dalam pembentukan karakter pada masyarakat Pemko Medan telah menggelar pertemuan dengan Kepala Sekolah SD dan SMP untuk membentuk karakter anak agar mereka dapat bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkannya. "Karakter Lisa (Liat Sampah Ambil) harus dapat diterapkan pada siswa sejak dini, karena anak-anak dapat dibentuk karakterny. Sehingga mereka akan menjadi contoh bagi kita yang sudah dewasa. Hal yang perlu kita ingat bahwa anak-anak masih membutuhkan lingkungan hidup. Mari kita selamatkan lingkungan untuk masa depan mereka," jelas Akhyar.
 
Kemudian Akhyar menilai karakter merupakan Pondasi, artinya jika pondasi sudah dibangun maka menerapkan budaya bersih akan mudah. Untuk itu mari kita Terapkan Bersih itu karakter diriku. Jika sudah diterapkan maka mewujudkan Medan bersih indah dan rapi akan sangat mudah.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Armansyah Lubis dalam laporannya menjelaskan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup secara Nasional dilaksanakan pada bulan Juni setiap tahun. Untuk tingkat Kota Medan Peringatan ini baru dapat dilaksanakan dengan Konsep Pekan Lingkungan Hidup yang mengangkat tema Biru Langitku Hijau Bumiku.
 
"Pekan Lingkungan Hidup 2019 dengan sasaran Perubahan Perilaku guna terbentuknya karakter budaya bersih ini sekaligus menstimulasi masyarakat khususnya para pelajar terhadap perubahan prilaku guna terbentuknya karakter Budaya Bersih. Pemerintah Kota Medan juga telah melakukan edukasi melalui gerakan Pembatasan potensi timbunan sampah terutama sampah plastik yang tujuannya agar kota Medan lebih bersih, indah dan rapi," katanya.
 
Dijelaskan Kadis Lingkungan Hidup, Kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Medan tahun 2019 diikuti 500 peserta yang terdiri dari para sekolah Adiwiyata, Pemerhati Lingkungan, Pelaku usaha. Selain itu diisi berbagai kegiatan diantaranya Pameran, Talkshow, Fashion Show Bahan Daur Ulang, mewarnai dan Penampilan Teater serta hiburan yang menghadirkan Artis Indonesia Idol Junior dan Mak Beti. (BS09)
T#g:lingkungan hidupPemko MedanPerguruan Al Azhar
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    MTQ di Kecamatan Medan Perjuangan, Stand Bazaar Meriahkan Kompetisi

    Beritasumut.com-Kecamatan Medan Perjuangan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kecamatan di Kota Medan, Sabtu (18/01/2020). Per

  • 2 hari lalu

    Hj Nurul Khairani Akhyar Imbau Warga Medan Timur Jaga Kebersihan, Yok Bikin Cantik Medan

    Beritasumut.com-Dalam rangka mendukung program kerja Pemko Medan yakni “Yok Bikin Cantik Medan”, TP PKK Kota Medan melakukan melakukan

  • 2 hari lalu

    Pemko Medan Apresiasi Berlangsungnya Perayaan Natal Poldasu

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan menyampaikan apresiasi atas berlangsungnya perayaan natal Poldasu tahun 2019 yang diadakan di gedung Regale I

  • 3 hari lalu

    Plt Wali Kota Medan Hadiri Peresmian Mesjid Gubsu di Jalan Urip

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, diwakili Kasubag Agama, Setda Kota Medan Agus, menghadiri Peresmian Mesjid Gubsu yang berada

  • 4 hari lalu

    Antisipasi Banjir, Pangkosek Hanudnas III Medan Siap Dukung Pemko Medan

    Beritasumut.com-Panglima Kosekhanudnas III Medan, Marsekal Pertama TNI, Djohn Amarul SAB beserta jajarannya mengaku siap membantu dan mendukung Pem

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.