Kamis, 24 Oktober 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Pemkab Deli Serdang Terima Bantuan Pendidikan Senilai Rp739,6 Milyar dari Kemendikbud RI

Pemkab Deli Serdang Terima Bantuan Pendidikan Senilai Rp739,6 Milyar dari Kemendikbud RI

Minggu, 31 Maret 2019 12:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, menerima bantuan pendidikan sebesar Rp739,6 milyar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ri dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019 (Gebyar Dikbud) yang digelar di Alun-Alun Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (30/03/2019).
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbud (Sesjen) Didik Suhardi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. Kegiatan Gebyar Dikbud 2019 di Kabupaten Deli Serdang diikuti ribuan orang yang terdiri dari pelajar, guru, jajaran pejabat Kemendikbud dan pemerintah daerah, serta pemangku kepentingan bidang pendidikan dan kebudayaan.
 
Sesjen Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan, setiap tahun Kemendikbud memberikan bantuan pendidikan ke daerah berupa dana alokasi khusus (DAU) maupun dana alokasi umum (DAU). "Ada DAK fisik maupun nonfisik yang kita berikan tiap tahun kepada semua daerah, belum termasuk bantuan dari pusat yang akan dicairkan secara bertahap," ujar Didik, dilansir dari Kemdikbud.go.id, Minggu (31/03/2019).
 
Didik menambahkan, Kemendikbud mendorong pemerintah daerah agar meningkatkan anggaran pendidikan dalam APBD. "Jadi urusan pendidikan harus disinergikan antara pusat dan daerah. Pendidikan ini tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah pusat. Pemerintah pusat membutuhkan partisipasi pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat," jelasnya.
 
Senada dengannya, Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan mengatakan akan menggunakan bantuan pendidikan yang diberikan Kemendikbud dengan optimal. "Tentu saja kami akan memanfaatkan dengan sebaiknya-baiknya, dari bantuan operasional sekolah (BOS), sampai insentif untuk para guru, termasuk perbaikan sarana fisik dan kelengkapan sekolah," katanya.
 
Dia menuturkan, pada dasarnya visi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang adalah mewujudkan masyarakat yang maju, berdaya saing, religius, dan bersatu dalam kebinekaan. "Misi utamanya adalah peningkatan kualitas manusia, sehingga kami akan meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan," sebut Ashari di sela-sela acara Gebyar Dikbud 2019.
 
Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 merupakan kegiatan untuk menyosialisasikan program dan kebijakan Kemendikbud mengenai hal-hal yang sudah dicapai maupun  belum dicapai di bidang pendidikan dan kebudayaan. Mewakili Mendikbud Muhadjir Effendy, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad mengatakan, saat ini pemerintah fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk jenjang pendidikan menengah, salah satu hal yang harus dikawal bersama yaitu angka partisipasi kasar (APK) yang sudah meningkat namun masih di bawah 100 persen, yakni 86 persen.
 
Menurutnya, menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan menjadi tugas bersama antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sementara itu di bidang bahasa, Hamid mengatakan saat ini Kemendikbud sedang mengembangkan kosakata bahasa Indonesia dari bahasa daerah. Tapi yang penting adalah mutu pendidikan menengah. Lulusan SMA akan disiapkan untuk meneruskan ke perguruan tinggi, sedangkan lulusan SMK disiapkan untuk bekerja dan berwirausaha. Ini yang akan kita kembangkan terus, sehingga bahasa Indonesia semakin kaya, dan kosakata dalam bahasa Indonesia menyamai bahasa internasional lainnya," pungkasnya  (BS03)
T#g:ashari tambunanBantuan Pendidikanbupati DeliserdangDeli serdangKemendikbud RI
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    50 Anggota DPRD Deli Serdang Dilantik, Inilah Nama-Namanya

    Beritasumut.com-Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam, Sohe SH MH melantik 50 anggota DPRD Deli Serdang periode 2019-2024, di Gedung DPRD Deli Serdan

  • 2 minggu lalu

    Wagub Sumut: Kreativitas Membuat Sampah Jadi Berkah

    Beritasumut.com–Berbagai produk-produk inovasi dihasilkan masyarakat Dusun XVIII Desa Percut. Tidak hanya sampah anorganik, sampah organik ya

  • 2 minggu lalu

    Untuk Kedua Kalinya Deli Serdang Terima Penghargaan Natamukti

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di bawah kepemimpinan Bupati H Ashari Tambunan dan Wakil Bupati HMA Yusuf Siregar tuai prestasi,

  • 3 minggu lalu

    TP PKK Deli Serdang dan Lions Club Medan Seruni Mengadakan Bhakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis

    Beritasumut.com-Tim Pengerak  PKK Kabupaten Deliserdang bekerjasama dengan  Lions Club Medan Seruni mengadakan bakti sosial berupa pemeri

  • 3 minggu lalu

    DPRD Deli Serdang Setujui 4 Ranperda Tentang Bangunan dan Tata Ruang

    Beritasumut.com-Sebanyak 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi peraturan Daerah (Perda) melalui Rapat Paripurna, Senin (30/09/2019). Ranp

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.