Selasa, 18 Juni 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Pelindo 1 Kirim 20 Pelajar SMA Berprestasi ke Kalimantan Utara dengan Program SMN

Pelindo 1 Kirim 20 Pelajar SMA Berprestasi ke Kalimantan Utara dengan Program SMN

Jumat, 29 Juli 2016 18:24:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com-Ilustrasi
Program SMN Pelindo 1

Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama PTPN V akan memberangkatkan 20 pelajar berprestasi tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat asal Provinsi Riau, untuk berpartipasi dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Program SMN ini merupakan program bersama Pleindo 1 dan PTPN V yang juga salah satu rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71.

"Sebanyak 26 siswa telah mengikuti kegiatan seleksi SMN di Provinsi Riau, seleksi ini bekerja sama juga dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau untuk menentukan 20 orang siswa/i yang akan mengikuti program ini sesuai kriteria yang sudah ditentukan," jelas ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami kepada beritasumut.com melalui siaran persnya, Jum'at (29/07/2016).

Menurut Fiona, kriteria yang ditentukan untuk siswa mengikuti program ini antara lain merupakan putra daerah, yaitu dilahirkan di Provinsi setempat dengan orangtua yang salah satunya berasal dari Provinsi tersebut, siswa kelas XI SMU/SMK/SLB, berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki prestasi akademik dan/atau non akademik (seni budaya, olahraga, dan lain sebagainya), aktif sebagai pengurus organisasi dan menulis essai sebanyak 500 kata yang menceritakan motivasi mengikuti Program SMN.

"Program SMN ini merupakan program pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia, dimana akan diberikan kesempatan kepada 20 Pelajar SMU/SMK/SLB kelas XI pada setiap Provinsi, dan mereka akan dikirimkan ke provinsi lain selama satu minggu, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi lain," jelasnya.

Dipaparkannya, tujuan Kegiatan SMN 2016 adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. "Melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan, serta memberikan wawasan kebangsaan bagi calon-calon pemimpin penerus bangsa, sehingga ke depannya, generasi muda Indonesia akan memiliki kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar dalam bersaing di kancah global dan tetap mengedepankan kearifan budaya lokal," paparnya.

Fiona mengungkapkan, proses seleksi untuk Siswa Mengenal Nusantara 2016 di Provinsi Riau telah berlangsung. Nantinya Pelindo 1 dan PTPN V akan mengirimkan siswa siswi yang lulus seleksi tersebut ke Provinsi Kalimantan Utara selama seminggu, dan sebaliknya Pelindo 1 akan menerima pelajar dari Provinsi Kalimantan Utara.

“Rencananya kegiatan pertukaran pelajar ini akan berlangsung pada tanggal 5 sd 11 Agustus 2016, disana mereka akan saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam Provinsi tersebut,” tambahnya lagi.

Selama dikirim ke Provinsi Kalimantan Utara, para siswa ini akan dibagi menjadi 5 kelompok (1 kelompok terdiri dari 4 siswa) dan masing-masing kelompok tinggal bersama dengan keluarga angkat yang merupakan warga asli daerah tersebut. Para pelajar akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi, Guru Teladan Tingkat Provinsi, dan perwakilan BUMN penanggung jawab.

"Hal ini merupakan bagian dari kontribusi BUMN dalam membangun kapasitas nasional bagi generasi muda dan meningkatkan daya saing bangsa, melalui kerja nyata yang memberikan dampak langsung," tegasnya. (BS02)

T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    RSUP H Adam Malik Belum Temukan Pasien Parkinsonis Terinfeksi HIV

    Beritasumut.com-RSUP H Adam Malik belum menemukan pasien Parkinsonis yang terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV). Penyakit Parkinson sendiri me

  • 3 tahun lalu

    RS Sari Mutiara Akui Kantongi Izin Praktik Transfusi Darah

    Beritasumut.com-Pemerintah menilai bahwasanya praktik transfusi darah yang dilakukan oleh rumah sakit (RS) swasta selain dilarang juga dianggap berbah

  • 3 tahun lalu

    Latihan Paskibra Binjai Dipandu Kodim, Polwan, dan Dispora

    Beritasumut.com-Latihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Binjai demi menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-71 pada Rabu (17/08/2016) mendata

  • 3 tahun lalu

    Sambut HUT Indonesia, 63 Personil Paskibra Binjai Atur Formasi

    Beritasumut.com-Sebanyak 63 personil Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Binjai mulai mengatur formasinya dalam latihan persiapan Hari Ulang Tahu

  • 3 tahun lalu

    Sempat Ditunda, Penerbangan Tujuan Bandara Silangit Kembali Normal

    Beritasumut.com-Meski sempat ditunda dan ada gangguan, penerbangan tujuan ke Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanulis Uta

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.