Kamis, 14 November 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Mendikbud : Guru Jangan Gunakan Teknik Lama untuk Disiplinkan Anak

Mendikbud : Guru Jangan Gunakan Teknik Lama untuk Disiplinkan Anak

Senin, 13 Juni 2016 23:39:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ilustrasi
Kekerasan di sekolah

Beritasumut.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Komite III DPD RI menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan tindak kekerasan di bidang pendidikan melalui jalur pendidikan. Hal ini disimpulkan saat Rapat Kerja Komite III DPD RI dengan Mendikbud Anies Baswedan beserta para pejabat di lingkungan Kemdikbud, di Ruang Rapat DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

“Kekerasan terhadap anak dilihat sebagai peristiwa yang menjadi bagian dari pendidikan, sehingga harus diubah pendekatannya melibatkan pelaku pendidikan yang ada di lingkup pendidikan,” ujar Mendikbud Anies dilansir dari laman resmi kemdikbud.go.id.

Selain itu, potensi tindak kekerasan guru terhadap siswa juga turut menjadi fokus perhatian. Menteri Anies menganjurkan agar guru jangan menggunakan teknik-teknik lama untuk mendisiplinkan anak karena teknik itu akan tercampur antara usaha mendisiplinkan dengan menyalurkan perasaan.

“Mengajar anak itu mengetes kesabaran, harus mampu mengelola emosi berbeda dengan proses mendisiplinkan, jangan anak jadi peluapan emosi,” tegas Mendikbud seraya menambahkan jika pedoman bagi guru untuk mendisiplinkan anak tanpa harus menjadikan siswa sebagai peluapan perasaan sedang dipersiapkan.

Pada kesempatan yang sama, Hardi S Hood selaku perwakilan DPD RI dari Kepulauan Riau, mengungkapkan harus terdapat usaha untuk melunakkan posisi guru dengan murid saat kegiatan belajar mengajar. “Harus dibentuk posisi guru yang bekerja sama dengan siswa, siswa tidak sungkan kepada guru untuk berdiskusi tetapi tetap hormat kepada guru, sehingga potensi tindak kekerasan guru terhadap siswa dapat diminimalisir,” tutupnya.(BS02)

T#g:Mendikbud
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Inilah Perpres Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

    Beritasumut.com-Dengan pertimbangan sebagai tindak lanjut ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 113/P Tahun 2019 tentang Pembentikan Kementerian N

  • satu bulan lalu

    PASKA Kemendikbud Gelar Diskusi Kelompok Terpumpun Mencari Permasalahan Pendidikan Melalui NPD di Medan

    Beritasumut.com-Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggela

  • 5 bulan lalu

    Panglima TNI Dukung Program PLS Kemendikbud RI

    Beritasumut.com-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) melaksanakan kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia

  • 8 bulan lalu

    Pemkab Deli Serdang Terima Bantuan Pendidikan Senilai Rp739,6 Milyar dari Kemendikbud RI

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, menerima bantuan pendidikan sebesar Rp739,6 milyar dari Kemente

  • 8 bulan lalu

    Unimed Seleksi 400 Calon Guru Sekolah Indonesia di Malaysia

    Beritasumut.com–Universitas Negeri Medan menjadi salah satu PTN yang menyelenggarakan seleksi calon guru untuk sekolah Indonesia di Malaysia.

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.