Senin, 24 Februari 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Masuk Tahun Ajaran Baru, Mendikbud Minta Program PLS Kuatkan Pendidikan Karakter

Masuk Tahun Ajaran Baru, Mendikbud Minta Program PLS Kuatkan Pendidikan Karakter

Minggu, 14 Juli 2019 09:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Terkait dengan dimulainya tahun ajaran baru pada Senin (15/07/2019) besok, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) meminta agar program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang menjadi bagian dari penerimaan peserta didik baru menguatkan karakter dalam mencegah penyebaran paham dan pemikiran berbahaya bagi ideologi Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Permintaan itu dituangkan Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kegiatan Penumbuhan Wawasan Kebangsaan Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, yang ditandatangani Mendikbud Muhajir Effendy pada 3 Juli 2019, dan ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Wali Kota Seluruh Indonesia.
 
Dilansir dari laman setkab, Minggu (14/07/2019), ada 4 poin penting yang ditekankan dalam Surat Edaran Mendikbud itu. Pertama, mengoptimalkan pelaksanaan PLS sebagai sarana untuk memperkuat karakter peserta didik sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
 
Kedua, menguatkan pelaksanaan PLS dengan berbagai kegiatan kreatif, menarik, dan aktual yang dapat memperkuat karakter religius dan kebangsaan sebagai upaya untuk melaksanakan pendidikan antiradikalisme bagi peserta didik. Ketiga, melaksanakan program penguatan program pendidikan karakter peserta didik secara komprehensif melalui pembelajaran intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan nonkurikuler secara kreatif dan menarik.
 
Dan keempat, menjalin kerja sama dengan kementerian/lembaga yang relevan, antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kementerian Polhukam, Kementerian Pertahanan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), TNI, Polri, dan lembaga swadaya masyarakat lainnya dalam melaksanakan program penguatan pendidikan karakter peserta didik.“Demikian surat edaran ini untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya,” bunyi akhir Surat Edaran Mendikbud itu.(BS09)
 
T#g:pendidikan karakterSekolah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    SMP Negeri 7 Medan Menuju Sekolah Adiwiyata, Ini Pesan Akhyar Nasution

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mendorong terus SMP Negeri 7 Medan untuk menuju Sekolah Adiwiyata.

  • satu minggu lalu

    Tingkatkan Akuntabilitas Dana BOS, Kemendikbud Siapkan Platform Teknologi

    Beritasumut.com-Melalui kebijakan Merdeka Belajar Episode 3, peningkatan transparansi dan akuntabilitas dana bantuan operasional sekolah (BOS) sala

  • satu minggu lalu

    Ruangguru Kembali Gelar Kompetisi Pengajar Terbaik Indonesia dengan Hadiah Total Setengah Miliar Rupiah

    Beritasumut.com-Ruangguru, aplikasi belajar terbesar di Asia Tenggara, kembali mempersembahkan kompetisi pencarian pengajar terbaik di Indonesia da

  • 3 minggu lalu

    Lakukan Kerjasama dengan Sampoerna Foundation, Ini Harapan Bupati Asahan kepada Para Siswa/Siswi

    Beritasumut.com-Bupati Asahan H Surya BSc, Tim Sampoerna Foundation diwakili Gina Gustam dan Syahril, Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kepala Caban

  • 3 minggu lalu

    Medan Merdeka Belajar SMPN 24, Plt Wali Kota Inginkan Guru Tanamkan Pendidikan Karakter kepada Siswa

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menginginkan agar para guru dapat menanamkan pendidikan karakter ke

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.