Kamis, 18 April 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Kepala Balai Bahasa Sumut Buka Kelas Menulis Esai 2019, Seluruh Karya Peserta Akan Dibukukan

Kepala Balai Bahasa Sumut Buka Kelas Menulis Esai 2019, Seluruh Karya Peserta Akan Dibukukan

Sabtu, 02 Februari 2019 23:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU) Dr Fairul Zabadi, membuka kelas menulis Esai Kritik Sastra di Aula BBSU, Jalan Kolam Ujung, No.7, Medan Estate, Sabtu (02/02/2019). Kelas yang direncanakan akan berjalan selama 5 sesi ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari beragam profesi, usia, dan sebaran domisili di Sumut. Dari hasil pelatihan ini, seluruh karya peserta akan dibukukan.
 
"Menulis itu bagian dari kehidupan, yang tidak semata-mata bergantung pada profesi kita.Adanya kelas ini membantu kami (BBSU) untuk mengajak masyarakat mempertahankan, melestarikan, serta mempelajari sastra dan Bahasa Indonesia, termasuk daerah," ujar Fairul Zabadi.
 
Dia berharap, para peserta akan lebih mahir menulis serta dapat memanfaatkan peranan Balai Bahasa di Sumut ini sesuai fungsinya. "Jadikanlah BBSU ini tempat untuk bertemu, berdiskusi sastra dan bahasa. Selalu utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing," ungkapnya.
 
Ada beberapa program kelas menulis yang dijalankankan BBSU, di antaranya Kelas Menulis Esai (Umum), Kelas Menulis Puisi (Siswa SMP) dan Kelas Menulis Artikel Ilmiah (Guru Mapel Bahasa Indonesia). Khusus Esai, pemateri dihadirkan berlatarbelakang Jurnalis Senior yang juga penyair, sastrawan di Sumut yaitu Ys Rat dan Suyadi San.
 
Dalam kelasnya, Ys Rat memulainya dengan permainan yang membuka cakrawala berfikir peserta. "Menulis adalah proses kreatif. Butuh konsentrasi, butuh data, ketekunan, dan kreativitas," sebut alumnus Fakultas Hukum ini.
 
Dia menilai, keberagaman latar belakang pendidikan bahkan profesi bukanlah hambatan menjadi penulis, sepanjang seseorang itu memiliki niat dan memulainya. "Menulis Esai kritik sastra bermakna bahwa penulis menjadi jembatan antara karya sastra dengan pembacanya. Sehingga karya-karya sastra yang terlahir dan dikritik mendapat asupan yang baik, ada masukan dan perbaikan. Ada pembacanya. Ke depannya, iklim sastra semakin bergairah. Itu tujuannya," papar Ys Rat.
 
Sementara itu, Staf BBSU yang juga pemateri kedua Suyadi San menyampaikan langkah-langkah menjadi penulis. "Modal penulis itu tidak cukup sekedar membaca, namun juga bisa bersosialisasi dengan lingkungannya. Harus punya 'kepekaan sosial'. Makanya saya heran banyak yang bermimpi jadi penulis, tapi tidak mau membaca," katanya.
 
Suyadi San meminta kepada para peserta Kelas Menulis Esai untuk terbiasa mencatat untuk mendokumentasikan setiap peristiwa. "Walaupun zaman sudah canggih, tapi tetap kemana-mana kita butuh ini (pulpen). Jangan bermimpi jadi penulis jika tidak punya dokumentasi!" tutupnya. (BS02)
 
T#g:Balai BahasaBalai Bahasa SumutMenulisPendidikanSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 jam lalu

    Amankan Aset Kelistrikan, PLN Kerjasama dengan Polda Sumut

    Beritasumut.com–Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara menandatangani perjanjian pengamanan inst

  • 4 jam lalu

    Polri dan TNI Patroli Skala Besar, Pastikan Pemilu 2019 di Sumut Aman

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Agus Andrianto menyebutkan situasi Kamtibmas di Provinsi Sumatera Utara pada saa

  • 11 jam lalu

    Wagub Sumut Tinjau Pemilu Serentak di Deli Serdang

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah dan Plh Bupati Deli Serdang yang juga Sekdakab Deliserdang Darwin Zein meninjau pelaks

  • 14 jam lalu

    Mencoblos di TPS 46 Pangkalan Masyhur, Gubernur : Sumut Harus Jadi Contoh Pemilu yang Aman

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 46 Pangkalan Masyhur, Kecam

  • 14 jam lalu

    Pantau Pemilu 2019 di Medan dan Binjai, Gubernur Sumut Minta Warga Tunggu dan Dengar

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat pemilih yang telah memberikan hak suaranya agar tetap tenang dan m

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.