Jumat, 22 Februari 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Kepala Balai Bahasa Sumut Buka Kelas Menulis Esai 2019, Seluruh Karya Peserta Akan Dibukukan

Kepala Balai Bahasa Sumut Buka Kelas Menulis Esai 2019, Seluruh Karya Peserta Akan Dibukukan

Sabtu, 02 Februari 2019 23:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU) Dr Fairul Zabadi, membuka kelas menulis Esai Kritik Sastra di Aula BBSU, Jalan Kolam Ujung, No.7, Medan Estate, Sabtu (02/02/2019). Kelas yang direncanakan akan berjalan selama 5 sesi ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari beragam profesi, usia, dan sebaran domisili di Sumut. Dari hasil pelatihan ini, seluruh karya peserta akan dibukukan.
 
"Menulis itu bagian dari kehidupan, yang tidak semata-mata bergantung pada profesi kita.Adanya kelas ini membantu kami (BBSU) untuk mengajak masyarakat mempertahankan, melestarikan, serta mempelajari sastra dan Bahasa Indonesia, termasuk daerah," ujar Fairul Zabadi.
 
Dia berharap, para peserta akan lebih mahir menulis serta dapat memanfaatkan peranan Balai Bahasa di Sumut ini sesuai fungsinya. "Jadikanlah BBSU ini tempat untuk bertemu, berdiskusi sastra dan bahasa. Selalu utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing," ungkapnya.
 
Ada beberapa program kelas menulis yang dijalankankan BBSU, di antaranya Kelas Menulis Esai (Umum), Kelas Menulis Puisi (Siswa SMP) dan Kelas Menulis Artikel Ilmiah (Guru Mapel Bahasa Indonesia). Khusus Esai, pemateri dihadirkan berlatarbelakang Jurnalis Senior yang juga penyair, sastrawan di Sumut yaitu Ys Rat dan Suyadi San.
 
Dalam kelasnya, Ys Rat memulainya dengan permainan yang membuka cakrawala berfikir peserta. "Menulis adalah proses kreatif. Butuh konsentrasi, butuh data, ketekunan, dan kreativitas," sebut alumnus Fakultas Hukum ini.
 
Dia menilai, keberagaman latar belakang pendidikan bahkan profesi bukanlah hambatan menjadi penulis, sepanjang seseorang itu memiliki niat dan memulainya. "Menulis Esai kritik sastra bermakna bahwa penulis menjadi jembatan antara karya sastra dengan pembacanya. Sehingga karya-karya sastra yang terlahir dan dikritik mendapat asupan yang baik, ada masukan dan perbaikan. Ada pembacanya. Ke depannya, iklim sastra semakin bergairah. Itu tujuannya," papar Ys Rat.
 
Sementara itu, Staf BBSU yang juga pemateri kedua Suyadi San menyampaikan langkah-langkah menjadi penulis. "Modal penulis itu tidak cukup sekedar membaca, namun juga bisa bersosialisasi dengan lingkungannya. Harus punya 'kepekaan sosial'. Makanya saya heran banyak yang bermimpi jadi penulis, tapi tidak mau membaca," katanya.
 
Suyadi San meminta kepada para peserta Kelas Menulis Esai untuk terbiasa mencatat untuk mendokumentasikan setiap peristiwa. "Walaupun zaman sudah canggih, tapi tetap kemana-mana kita butuh ini (pulpen). Jangan bermimpi jadi penulis jika tidak punya dokumentasi!" tutupnya. (BS02)
 
T#g:Balai BahasaBalai Bahasa SumutMenulisPendidikanSumut
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 11 menit lalu

    Kunjungi Museum Negeri Sumut, Wagubsu: Perlu Renovasi dan Pembenahan

    Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dina

  • 22 jam lalu

    Hati-hati, Inilah Modus Komplotan Perampok Rumah Kosong di Medan

    Beritasumut.com-Dua dari enam orang pelaku komplotan perampok rumah kosong di Medan berhasil diringkus Personil Ditkrimum Polda Sumut, di mana sala

  • 23 jam lalu

    Polda Sumut Amankan Sindikat Penjual Satwa Langka di Jalan Yos Sudarso Medan

    Beritasumut.com-Belasan jenis burung yang dilindungi undang-undang diamankan petugas jajaran Direskrimum Polda Sumut di kawasan Jalan Yos Sudarso,

  • 2 hari lalu

    DPRD Sumut Desak Poldasu Tangkap Pelaku Illegal Logging Hutan Sibongkaras Dairi

    Beritasumut.com-Anggota DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat, Leonard S Samosir mendesak Poldasu untuk bergerak cepat mengusut tuntas se

  • 3 hari lalu

    Pemprovsu Jalin Kerja Sama dengan Swasta, Percepat Pembangunan Infrastruktur Jalan

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi terus menjalin kerja sama dengan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.