Pendidikan

Kembangkan Pembangunan Kebudayaan, Unimed dan USU Jalin Kerjasama dengan Pusan National University Korea

Try Try
Kembangkan Pembangunan Kebudayaan, Unimed dan USU Jalin Kerjasama dengan Pusan National University Korea
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pusan National University Korea jalin kerjasama dengan Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Sumatera Utara (USU) dengan menandatangani perjanjian kerjasama berupa Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA). 
 
Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM M Kes, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Informasi, Perencanaan, dan Pengembangan USU Prof Dr Ir Bustami Syam MSME dan President of Pusan National University yang diwakili oleh Prof Wonsub Chung PhD.
 
Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom mengapresiasi Pusan National University yang membangun kerjasama kepada Unimed dan USU. Menurutnya, pelaksanaan MoU dan MoA ini dapat mendukung program Pemerintah dalam pengembangan pembangunan kebudayaan, dalam hal Pengelolaan Kekayaan Budaya dan Pengembangan Nilai Budaya di Sumatera Utara (Sumut). 
 
"Kerjasama ini diharapkan mampu menjadi jembatan bagi lembaga-lembaga yang terlibat, baik Unimed, USU dan Korean Traditional Custome Research Institute Pusan University, untuk menggali potensi budaya yang ada di kedua negara, memperkenalkannya secara luas serta menjadikannya sebagai salah satu keunggulan, khususnya dalam bidang pendidikan, budaya dan pariwisata," ujar Syamsul dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (26/01/2020).
 
Lebih jauh Syamsul menjelaskan, Indonesia dan Korea merupakan dua negara yang masing-masing memiliki tradisi dan unsur-unsur pembangun kebudayaan itu sendiri."Ragamnya pun beraneka banyaknya, mulai dari tarian, nyanyian, dan lain-lain," jelasnya.
 
Sementara itu, Prof Wonsub Chung mengungkapkan, Pusan National University menyatakan kesiapannya untuk mendiskusikan lebih lanjut hal-hal apa saja yang dilakukan untuk tindak lanjut penandatanganan kerjasama tersebut. 
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Rektor I Dr Restu, Wakil Rektor III Prof Dr Sahat Siagian, Wakil Rektor IV Prof Manihar Situmorang, Dekan FBS, Dekan FT, Staf Ahli Wakil Rektor IV dan beberapa dosen Unimed. Hadir juga Rektor Universitas Katolik Santo Thomas, Rektor Universitas Prima Indonesia, para Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dari 7 kabupaten di kawasan Danau Toba yakni Kabupaten Dairi, Humbang Hasundutan, Karo, Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara dan Toba Samosir.(BS09)