Kamis, 21 Maret 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Kabupaten Dharmasraya Gandeng LPM Unimed Tingkatkan Kualitas Pendidikan Berbasis E-Learning

Kabupaten Dharmasraya Gandeng LPM Unimed Tingkatkan Kualitas Pendidikan Berbasis E-Learning

Kamis, 29 November 2018 00:00:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya Bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar (SD) berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya Marius SPd MM, yang diwakilkan Sekertaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi MSi, pada Rabu (28/11/2018) di Aula SD Negeri 08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.
 
Pelatihan bertajuk 'Desain Teknologi Alat Peraga IPA: Implementasi Pembelajaran Efektif Di SD Kabupaten Dharmasraya' ini, ujar Reno merupakan workshop guru-guru dalam peningkatan kemampuan guru pada bidang inovasi pembuatan alat peraga IPA. "Pelatihan ini sangat dibutuhkan, karena siswa SD butuh mevisualisasikan bentuk-bentuk abstrak agar mudah dipahami," ujarnya.
 
Menurutnya, selain dalam bentuk visual, siswa juga harus didekatkan dengan teknologi terkini. "Karena teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dibendung. Akan tetapi harus disikapi dengan arif dan bijaksana agar dapat memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan. Maka dari itu dinas pendidikan mendorong untuk meningkatkan pendidikan dengan berbasis IT," sambungnya.
 
Pendidikan modern seperti inilah, lanjut Reno, yang sedang dikembangkan dengan gerakan semua guru di Dharmasraya harus mampu mengoperasikan dan memiliki Laptop sehingga dharmasraya mampu melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 100 %.
 
Menanggapi hal tersebut LPM Unimed yang diwakili Sekertaris Mukti Hamjah MSi, didampingi Koordinator Bidang Pendidikan Faisal MPd mengungkapkan bahwa program yang akan dilaksanakan merupakan Program Diseminasi teknologi alat Peraga IPA. "Tidak hanya membahas mata pelajaran IPA secara Visual akan tetapi untuk mengombinasikan kemampuan visual dengan komputasi yaitu beberapa program media pembelajaran seperti Algoodo dan google Classroom," katanya.
 
Sementara, Ketua Program Irfandi MSi bahwa pemateri yang akan mendampingi akan memberikan pengetahuan tentang pembelajaran e-learning yang berbasis e-forum untuk menambah kemampuan guru-guru dalam share pengetahuan terhadap teman sejawat. “Jadi kabupaten Dharmasraya berbasis IT akan benar-benar dapat terwujud setelah pelatihan yang kita laksanakan,” terang Direktur Pusat Study Pendampingan Rakyat tersebut.
 
"Saat ini untuk pilot project pembelajaran secara online untuk guru-guru di dharmas Raya dapat menggunakan dan sharing Perangkat Pembelajaran, Media belajar, Materi Pembelajaran dan Diskusi-diskusi tentang permasalahan pendidikan dapat di akses lewat e-forum dengan alamat http://kkg-dharmasraya.info,yang dapat diakses oleh guru kapanpun, dimanapun secara terbuka," ungkap Irfandi.
 
Pelatihan dan workshop ini melibatkan sebanyak 40 orang perwakilan guru dan dan 29 Kepala Sekolah SD se kabupaten Dharmasraya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Korwil Dinas Pendidikan Pulau Punjung Indrawati MPd, Koordinator Program Kewirausahaan & Teknologi Tepat Guna Deo Demonta Panggabean MPd BPPC, LPM Unimed Novita Indah Hasibuan MPd, Bidang Data Dan Informasi Fahmy Syahputra MCom, Kepala Sekolah SDN 08 Pulau Punjung Sri Darti SPd, Direktur Eksekutif Jurnal Online Iklafi Teguh Febri Sudama MPd dan Puluhan Kepala Sekolah dan guru yang tersebar di Kabupaten Dharmasraya. (Rel)
T#g:Berbasis ITE-LearningE LearningKabupaten DharmasrayaKualitas PendidikanLPM Unimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Sikapi Perkembangan Teknologi, Unimed Perbaharui Sistem E-Learning

    Beritasumut.com-Universitas Negeri Medan (Unimed) memperbaharui sistem pembelajaran daring yang telah dimiliki selama ini. Sistem lama yakni SIPOEL

  • 3 bulan lalu

    LPM Unimed Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

    Beritasumut.com-Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) bekerjasama dengan konsulat Jendral yang berada di Medan meny

  • 12 bulan lalu

    LPM Unimed Dorong Masyarakat Deli Serdang Tingkatkan Pariwisata

    Beritasumut.com-Porsi partisipasi masyarakat menjadi sebuah kepastian untuk mendongkrak kesuksesan sebuah ikon pariwisata di daerah, di mana hampir

  • tahun lalu

    Komisi X DPRRI Berangkatkan Guru Sijunjung Tingatkan Kualitas ke UNIMED

    Beritasumut.com-Anggota Komisi X DPR-RI H Endre Saifoelyang konsen pada Bidang Pendidikan dan dan kebudayaan serta pendidikan tinggi akan memberang

  • tahun lalu

    LPM Unimed Gandeng Risbang Dikti dan Komisi VII, Diseminasi Teknologi Pembelajaran Sumbar

    Beritasumut.com–Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.