Rabu, 21 Februari 2018
  • Home
  • Pendidikan
  • KO2PI Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di STMIK Budi Darma Medan
pilkada beritasumut.com

KO2PI Gelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di STMIK Budi Darma Medan

Senin, 18 Desember 2017 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesia (KO2PI) adakan Workshop on Multidisciplinary and Applications (WMA) di Kampus STMIK Budi Darma, Jalan Sisingamangaraja No 338 Medan, akhir pekan kemarin.
 
Bekerjasama dengan Kampus STMIK Budi Darma, workshop ini mengusung topik 'Article Writing Strategy for Internationally Indexed Multidisciplinary Publication', dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Robbi Rahim MKom (Article Writing & Plagiarism) dan Mesran MKom (Mendeley Citacy) dan Janner Simarmata ST MKom (Similarity & Paraphrase).
 
Ketua STMIK Budi Darma Mesran MKom dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada komunitas KO2PI yang telah bekerja sama dengan STMIK Budi Darma dalam melaksanakan kegiatan workshop publikasi pada prosiding terindex Scopus. “Kegiatan ini multidisiplin ilmu, bukan hanya artikel engineering saja, namun artikel dibidang lain juga bisa seperti ekonomi, akuntansi, managemen, kesehatan dan pendidikan dapat dipublish,” ujarnya melalui siaran pers KO2PI, Senin (18/12/2017).
 
Mesran menilai, Dosen harus mempersiapkan diri untuk belajar menulis dan menjadikan kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah ini sebagai suatu kebutuhan dalam pengembangan karir dan keilmuannya. "Workshop penulisan artikel ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel yang baik dan benar untuk dipublikasikan. Harapan kami peserta yang mengikuti workshop ini dapat lebih produktif untuk menulis artikel yang dapat dipublikasikan ditingkat internasional dan ini adalah tuntutan kita sebagai dosen,” jelas Mesran.
 
Robbi Rahim menyampaikan workshop ini dilakukan untuk membantu penulis lebih mudah memperbaiki artikelnya dengan cara diskusi bersama para narasumber/pemateri, disamping itu peserta juga diberikan pemahaman mengenai plagiat dan similarity dengan bantuan aplikasi seperti Turnitin dan iThenticate. “Sementara aplikasi Mendeley sangat berguna bagi peneliti, dosen maupun mahasiswa dan diharapkan usai workshop ini peserta sudah mampu dalam menyusun artikel ilmiah dengan menggunakan daftar pustaka yang baik, benar dan otomatis dengan menggunakan aplikasi mendeley citacy tersebut,” tukas Robbi.
 
Sementara Janner Simarmata menuturkan tahun ini komunitas KO2PI mengadakan dua kegiatan workshop yaitu di STMIK Budi Darma Medan dan di Universitas Narotama Surabaya, sedangkan di tahun 2018, KO2PI akan mengadakan 2nd WMA yang akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, diantaranya di Aceh, Padang, Jakarta, Jogjakarta, Samarinda, Palembang dan Medan.
 
"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka dosen dan peneliti di Indonesia memiliki semangat untuk melakukan publikasi dan yang paling utama adalah memiliki publikasi di Scopus dan/atau Thomson Reuters," pungkas Janner. (Rel)
T#g:Aplikasi MendeleyArtikel IlmiahJenner SimarmataKO2PISTMIK BudidarmaWorkshop Menulis
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Dua Mahasiswa Budidarma Jadi Korban Begal di Jalan Alfalah Medan

    Beritasumut.com-Dua mahasiswa Perguruan Tinggi Budi Darma, yakni Ahmad Fauzi (21) warga Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu dan temannya Pardian (

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.