Kamis, 18 Juli 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Inilah Tempat 24 Pelajar Indonesia yang Akan Berlaga di Olimpiade Internasional Tahun Ini

Inilah Tempat 24 Pelajar Indonesia yang Akan Berlaga di Olimpiade Internasional Tahun Ini

Sabtu, 25 Juni 2016 20:10:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ilustrasi
Olimpiade

Beritasumut.com-Sebanyak 24 pelajar Indonesia akan berlaga di kompetisi internasional untuk berbagai bidang pada tahun ini. Bidang tersebut adalah Seni Rupa, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Debat. Seluruh kompetisi internasional tersebut akan berlangsung pada bulan Juli 2016 di berbagai negara, yaitu di Jepang, Vietnam, Georgia, Swiss, Hongkong dan Jerman.

Kompetisi internasional untuk bidang seni rupa, yaitu The International High School Festival, akan berlangsung di Tokyo, Jepang. Wakil Indonesia, yaitu Rifqi Aditya, dari Bontang, Kalimantan Timur, akan berangkat pada 30 Juni 2016, hingga 3 Juli 2016.

Olimpiade Internasional Biologi ke-27, atau 27th International Biology Olympiad (IBO), akan berlangsung pada 16 s.d 24 Juli 2016 di Hanoi, Vietnam. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan bersaing dengan 274 siswa dari total 69 negara peserta.

Olimpiade Internasional Kimia ke-48, atau 48th International Chemistry Olympiad (IChO), akan diselenggarakan di Tbilisi, Georgia, pada akhir Juni hingga 2 Juli 2016. Sebanyak empat pelajar Indonesia akan berkompetisi dengan ratusan peserta dari 80 negara, dengan lima negara sebagai observer atau pengamat, tanpa mengikutsertakan peserta.

Olimpiade Fisika Internasional ke-47, atau 47th International Physics Olympiad (IPhO) akan diadakan di Zurich, Swiss, pada 10 Juli hingga 18 Juli 2016. Sebanyak lima pelajar Indonesia akan berjuang memperebutkan medali emas, bersaing dengan ratusan peserta dari 84 negara.

Olimpiade Matematika Internasional ke-57, atau 57th International Mathematical Olympiad (IMO) akan berlangsung di Hongkong, pada tanggal 6 hingga 16 Juli 2016. Ada enam pelajar Indonesia yang akan menjadi peserta olimpiade ini. Mereka akan berkompetisi dengan 616 peserta lainnya yang berasal dari 117 negara.

Kejuaraan Lomba Debat Sekolah tingkat Dunia ke-28, atau 28th World School Debating Championship (WSDC) akan diselenggarakan di Stuttgart, Jerman, pada 19 s.d 29 Juli 2016. Indonesia akan mengirimkan dua tim, yaitu Tim Turnamen (diwakili empat pelajar yang menjadi peserta), dan Tim Observer Penyelenggaraan (Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud dan beberapa pihak lain).

Sebelum ke-24 pelajar tersebut berangkat berkompetisi, mereka menemui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan untuk menerima arahan. Mendikbud mengatakan, kesempatan yang dimiliki mereka dalam mewakili Indonesia di ajang internasional merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan. “Jangan dianggap sebagai beban, tapi sebagai kehormatan,” tuturnya di Kantor Kemendikbud, pertengahan pekan ini seperti dilansir dari laman resmi kemdikbud.go.id. (BS02)

T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Buka O2SN, Mendikbud Harapkan Para Siswa Ambil Hikmah Sebuah Kompetisi

    Beritasumut.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengharapkan para siswa khususnya peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasion

  • 3 tahun lalu

    24 Pelajar Indonesia Siap Ikuti Olimpiade Internasional Tahun Ini

    Beritasumut.com-Sebanyak 24 pelajar Indonesia akan berlaga di kompetisi internasional untuk berbagai bidang pada tahun ini. Bidang tersebut adalah Sen

  • 3 tahun lalu

    GP3M Dicanangkan di Deli Serdang

    Beritasumut.com-Gerakan Pendidikan, Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) Deli Serdang resmi dicanangkan di Deli Serdang pada Senin (2/5/2016).Direkt

  • 3 tahun lalu

    Kemendikbud Beri Pembekalan 297 Guru Bidang Studi yang Akan Ikuti OSN

    Beritasumut.com-Kememdikbud selaku guru pembina yang akan mengintegrasikan dalam pembelajaran di sekolah memberikan pembekalan kepada 297 guru bidang

  • 3 tahun lalu

    Sebanyak 436 Siswa Ikut Olimpiade Matematika dan Fisika di Medan

    Beritasumut.com-Sebanyak 436 orang peserta yang merupakan siswa SD, SMP dan SMA se-Sumut mengikuti olimpiade matematika dan fisika di Kampus Universit

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.