Sabtu, 23 November 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Indosat Ooredoo Digital Camp Hadir di USU, Bagikan 10.000 Beasiswa Coding Bersertifikat Global

Indosat Ooredoo Digital Camp Hadir di USU, Bagikan 10.000 Beasiswa Coding Bersertifikat Global

Selasa, 10 September 2019 21:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com–Program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Terbukti, hanya dalam waktu 1 (satu) bulan usai diluncurkan, IDCamp berhasil meraup 15.000 peserta dari target 10.000 beasiswa coding bersertifikat global. 
 
Hal ini diungkap Director & Chief Innovation & Regulatory Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta’in dalam IDCamp bersama ratusan mahasiswa di Medan, bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), Selasa (10/09/2019). "Program IDCamp yang merupakan CSR Indosat Ooredoo pilar Pendidikan yang luncur awal Agustus lalu ini, menargetkan 10.000 beasiswa belajar coding. Namun ternyata antusiasme para millenials sangat tinggi. Terlihat dari jumlah peserta pada satu bulan pertama peluncuran IDCamp sudah mencapai 15.000 peserta," ujarnya.
 
Turut hadir sebagai narasumber di acara tersebut SVP-Head of Region Sumatera Indosat Ooredoo - Eric Danari, Kepala Lab Penelitian Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi USU - Dani Gunawan, dipandu moderator SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo - Turina Farouk.
 
Dijelaskan Arief, Beasiswa Coding dalam IDCamp ini dapat diikuti semua orang dengan usia maksimal 29 tahun. "Programnya hanya berdurasi 4 bulan, berlangsung dari bulan Agustus hingga Februari 2020. Durasi ini maksudnya batas waktu maksimal yang kita berikan. Bila nanti peserta bisa menyelesaikannya lebih cepat, satu minggu misalnya, ya lebih baik. Outputnya, para lulusan program IDCamp akan dibantu mendapatkan akses pekerjaan di industri digital dengan sertifikat berstandar global," papar Director & Chief Innovation & Regulatory Officer Indosat Ooredoo ini.
 
Data yang dihimpun saat ini, sambung Arief, peserta IDCamp didominasi pelajar dan mahasiswa dengan persentase sekitar 65% dari total pendaftar. "Dunia coding juga semakin diminati bahkan sejak usia siswa SMP. IDCamp menerima peserta dengan pendidikan terakhir SMP/MTS sebanyak 3%, SMA/SMK dengan 49%, dan perguruan tinggi sebanyak 47% dari total peserta. Taglinenya, 'Kuasai Bahasa Masa Depan, Hari ini!' Maka peserta IDCamp tidak terbatas gender dan kondisi fisik. Peserta perempuan tercatat cukup tinggi sebesar 20% dari total pendaftar. Begitu pun dengan penyandang disabilitas yang mencapai 2% dari total peserta," jelas Alumnus Magister UGM ini.
 
IDCamp telah melakukan rangkaian kegiatan roadshow di beberapa universitas di seluruh Indonesia yang berisi sharing session dan talkshow mengenai perkembangan industri digital di Indonesia. Khusus minggu ini, berturut turut roadshow di lakukan di Universitas Mataram-Nusa Tenggara Barat, Universitas Sumatera Utara-Medan, Universitas Andalas-Padang, dan Universitas Sriwijaya-Palembang. Roadshow akan terus dilanjutkan ke berbagai kampus terkemuka di Indonesia.
 
Senada dengan Arief, SVP-Head of Region Sumatera Indosat Ooredoo Eric Danari juga memaparkan tentang tingginya kebutuhan talenta digital dan kesempatan kerja di bidang teknologi digital, menjadi dasar Indosat Ooredoo meluncurkan program IDCamp. "Indosat Ooredoo mengajak generasi muda yang berminat menggeluti bidang teknologi digital, dengan memberikan beasiswa belajar coding secara online yang mencakup modul developer Android, Kotlin Android, dan Progressive Web Application, untuk tingkat beginner dan expert. Disediakan juga pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel). Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui idcamp.indosatooredoo.com ," paparnya.
 
Selain IDCamp, lanjut Eric, Indosat Ooredoo juga memiliki Program IM3 DigiTalent bagi para siswa siswi setingkat SMP dan SMA di Indonesia. "Program ini mengajak dan menantang generasi muda untuk berani dan kreatif dengan memberikan tantangan tematik yang mengangkat aspek inspiratif, mengenalkan budaya lokal, ekspresi bakat dan hal menarik di sekolah. Para peserta berkesempatan mendapatkan beasiswa total 1 miliar rupiah hanya dengan mengunggah karya video kreatif mereka ke Youtube dan mendaftarkannya ke im3ooredoodigitalent.com ," imbuhnya.
 
Eric menegaskan, Tim dari Indosat Ooredoo akan membantu mendaftarkan sekolah sebelum peserta dapat mengirimkan karya mereka. "Program kompetisi Digital Talent ini akan berlangsung sejak 1 September sampai 31 Oktober 2019 dengan roadshow yang dilaksanakan ke 1,200 sekolah di seluruh Indonesia," tandasnya.
 
Sementara itu, Senior Vice President – Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk, mengatakan “IDCamp merupakan wujud komitmen kami untuk memajukan edukasi di Indonesia dengan kebutuhan dunia digital sekarang yang berkembang pesat. Kami sangat senang melihat antusiasme para generasi muda Indonesia terhadap program IDCamp yang menunjukkan bahwa program ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Indosat Ooredoo siap mengambil peran mengembangkan talenta digital lokal agar bisa bersaing secara global untuk berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya. (BS02)
T#g:Beasiswa CodingIDCamp OoredooIndosat DigitalCampIndosat OoredooTalenta DigitalUSU
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 11 jam lalu

    Baru, IM3 Ooredoo 696 dengan Asisten Google, Cari Informasi Secara Gratis

    Beritasumut.com-Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital yang telah 52 tahun berkontribusi di Indonesia, terus berinovasi menghadirkan pe

  • 2 hari lalu

    Indosat Ooredoo Rayakan Usia 52 Tahun untuk Indonesia

    Beritasumut.com-Menembus lima dekade lebih usia Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi, telah melalui perjalanan yang panjang. Upaya ini

  • 6 hari lalu

    Wujudkan SDM Unggul, Poldasu Lakukan Kerjasama dengan Unimed, USU dan UMSU

    Beritasumut.com-Guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU) dan UMSU

  • 6 hari lalu

    Tingkatkan Jumlah Paten, USU Gelar Percepatan Perolehan Granted Paten

    Beritasumut.com-Untuk meningkatkan jumlah perolehan paten di kalangan dosen dan peneliti yang dimiliki, Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar

  • 6 hari lalu

    Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Amankan 36 Butir Munisi, Mortir dan Roket

    Beritasumut.com-Anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.