Pendidikan

Guru di Langkat Keluhkan Pemotongan Gaji ke-14 yang Disetor Melalui Kepsek


Guru di Langkat Keluhkan Pemotongan Gaji ke-14 yang Disetor Melalui Kepsek
Beritasumut.com/Ilustrasi
Pemotongan gaji

Beritasumut.com-Pasca pencairan gaji ke-14 menjelang lebaran lalu, banyak guru di Langkat mengeluh karena harus dipotong dan disetor kepada Bendahara Dinas UPTD Kecamatan melalui Kasek masing-masing sebesar Rp 300.000/orang.

Pemotongan tersebut dengan alasan untuk Koperasi Pegawai Negeri (KPN) yang lebih dikenal dengan istilah uang kebersamaan, sedangkan jajaran struktural pada Dinas UPTD Kecamatan sedikitnya dikenakan kisaran Rp 250.000/orang. Sementara untuk di Kecamatan Selesai, pemotongan sebesar Rp 300.000, termasuk uang setoran perolehan dana tunjangan profesi Guru (Sertifikasi) yang selama ini belum disetor sehingga terjadi pemotongan gaji ke-14 sebesar Rp 300.000.

Beberapa Guru dan penjaga sekolah yang enggan disebut namanya mengakui tentang potongan gaji ke-14 dan alasan untuk KPN sangat tidak masuk diakal karena uang itu habis untuk kepentingan pihak atasan menjelang lebaran.

"Kami kecewa karena selalu menjadi tumbal bila ada mendapat tambahan pendapatan, baik itu gaji ke-14 maupun serifikasi tunjangan profesi guru. Dan untuk gaji ke 13 yang akan cair dalam waktu dekat ini, dipastikan kami akan disembelih lagi," ujar salah seorang guru dengan nada kecewa. (BS09)

 


Tag: