Sabtu, 23 November 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Guru PAI se-Aceh Barat Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Guru PAI se-Aceh Barat Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan

Selasa, 23 April 2019 13:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sebanyak 52 guru pendidikan agama islam tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se Aceh Barat dibekali dan dilatih diklat pengelolaan perpustakaan sekolah di Aula MAN 1 Aceh Barat. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 22-25 April 2019.
 
Diklat tersebut dibuka oleh Kakankemenag Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg. Dalam sambutan dan arahannya, Kakankemenag Aceh Barat mengajak para peserta diklat untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya, sehingga memperoleh ilmu dan wawasan baru untuk meningkatkan kompetensi serta sikap profesionalitas pengelola perpustakaan dalam hal teknis pengelolaan perpustakaan sekolah.
 
“Kepada peserta agar materi yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik di tempat kerja masing-masing, sehingga mampu mendorong perpustakaan yang sudah ada untuk berkembang. Karena maju dan berkembangnya perpustakaan tergantung kepada bapak/ibu semua,” kata Azhar saat membuka acara, Senin (22/04/2019) di Aula MAN 1 Aceh Barat.
 
 
Selain itu, kata Azhar di era revolusi industry 4.0. para pengelola perpustakaan harus mampu mengubah perilaku, cara bekerja hingga tuntutan untuk meningkatkan keterampilan dan soft skill sehingga menjadi pemicu untuk mengembangkan perpustakaan sekolah.
 
Sebelumnya, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan survey perpustakaan sekolah di Aceh secara umum terlihat masih belum dikelola secara baik dan profesional, sehingga pengembangan koleksi yang mendukung kualitas kognitif, afektif dan psikomotorik siswa jauh dari idealisasi yang diharapkan.
 
“Minimnya tenaga fungsional perpustakaan sekolah atau pustakawan merupakan faktor utama dari buruknya manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah di Aceh dewasa ini,” kata Fauzi Ismail.
 
Sementara itu, Ketua pelaksana Iswandi SPdI dalam laporannya, mengatakan, hasil yang ingin dicapai dalam diklat ini adalah para pengelola perpustakaan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola perpustakaan serta mampu memberikan pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan sekolah yang teroganisir dan modern.
 
“Peserta diklat seluruhnya berjumlah 52 peserta, untuk kurikulum diklat berjumlah 32 jam pelajaran,” kata Iswandi selaku Kasi PAIS Kankemenag Aceh Barat.
 
Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS selaku penanggungjawab diklat mengatakan bahwa selama diklat berlangsung, para peserta dibekali dengan hal teknis pengelolaan perpustakaan sekolah mulai dari manajemen perpustakaan, pelayanan dan pengembangan koleksi, kolaborasi guru dan pengelola perpustakaan, pengolahan bahan pustaka meliputi inventaris, klasifikasi, katalogisasi serta Implementasi Teknologi Informasi Perpustakaan Sekolah.
 
Sedangkan dihari terakhir, kata Mahdi para peserta dibekali dan dilatih tentang membangun automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS oleh alumni Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing Arkin, Wandi Syahputra, T Ade Vidyan Maqfirah dan Zulfiqri.
 
Diklat tersebut turut menghadirkan sejumlah narasumber masing-masing, Kakankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar, Zubaidah, Mukhtaruddin, Sri Hardianty, Suherman dan sejumlah alumni Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Aceh Library Consultant.
 
Dalam kesempatan tersebut juga, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry menandatangani naskah kerjasama dalam hal program pendidikan dan pelatihan di bidang perpustakaan.
 
Penandatanganan ini dilakukan Kakankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar, S.Ag bersama Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi. Turut disaksikan oleh Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan MLIS dan Kasi Pendidikan Agama Islam Sekolah Kankemenag Aceh Barat, Iswandi SPdI.(rel)
T#g:Guru PAIPendidikan Agama IslamUIN Ar-RaniryUIN Ar RaniryPendidikan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Bupati Deli Serdang Terima Anugerah Kihajar dari Mendikbud

    Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Kihajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Anugerah ini

  • 6 hari lalu

    Tingkatkan Jumlah Paten, USU Gelar Percepatan Perolehan Granted Paten

    Beritasumut.com-Untuk meningkatkan jumlah perolehan paten di kalangan dosen dan peneliti yang dimiliki, Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar

  • 7 hari lalu

    Bupati Deli Serdang Terima Anugerah Kihajar 2019 dari Kemendikbud

    Beritasumut.com - Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menerima Anugerah Kihajar 2019 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Anugerah ini dibe

  • satu minggu lalu

    Praktisi Ilmu Perpustakaan UMY Isi Kuliah Tamu di UIN Ar-Raniry

    Beritasumut.com–Praktisi Ilmu Perpustakaan dan Informasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Drs Lasa Hs MSi, memberikan kuliah u

  • satu minggu lalu

    Dosen FAH UIN Ar Raniry Dilatih Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI

    Beritasumut.com-Sebanyak 60 dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih dan dibekali tentang penyusunan kurikulum berbasis K

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.