Pendidikan

Guru Madrasah se-Aceh Selatan Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan


Guru Madrasah se-Aceh Selatan Dibekali Teknis Pengelolaan Perpustakaan
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sebanyak 30 guru dari berbagai Madrasah dalam wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Aceh Selatan dibekali dan dilatih Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) Pengelolaan Perpustakaan di Aula Kemenag Aceh Selatan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 15-20 November 2018.
 
Diklat tersebut dibuka oleh Kakankemenag Aceh Selatan, H Iqbal SAg MPd. Dalam sambutan dan arahannya, Kakankemenag Aceh Selatan mengajak para peserta diklat untuk memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk mengikuti diklat ini,sehingga dapat memperoleh ilmu dan wawasan baru untuk meningkatkan kompetensi serta sikap profesionalitas pengelola perpustakaan dalam hal teknis pengelolaan perpustakaan madrasah.
 
“Kepada peserta agar materi yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan baik di tempat kerja masing-masing, sehingga kita mampu meningkatkan mutu pendidikan Aceh Selatan khususnya dengan pemberdayaan perpustakaan madrasah yang standar dan modern,” harapnya.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana Drs Mahdi Amin dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan DDWK ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap profesionalitas pengelola perpustakaan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.
 
“Peserta diklat seluruhnya berjumlah 30 peserta, untuk kurikulum diklat berjumlah 55 jam pelajaran yang berasal dari Pusdiklat tenaga administrasi,” kata Drs Mahdi Amin selaku Kasi Diklat Tenaga Administrasi BDK Aceh dalam laporannya, Kamis (15/11/2018) di Aula Kementerian Agama Aceh Selatan.
 
Selama diklat berlangsung, para peserta dibekali dengan hal teknis pengelolaan perpustakaan madrasah mulai dari perawatan dan pelestarian bahan pustaka, pengembangan koleksi, pengolahan bahan pustaka serta teknologi informasi dan komunikasi perpustakaan madrasah.
 
Sedangkan di hari terakhir, kata Mahdi, para peserta dibekali dan dilatih tentang membangun automasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS oleh dosen dan alumni Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing Nazaruddin Musa, Arkin, Wandi Syahputra, dan Zulfiqri.
 
“Diakhir diklat kita akan melakukan evaluasi penilaian terhadap para peserta. Bagi peserta yang telah menyelesaikan seluruh program dan memperoleh nilai 71 keatas akan diberikan surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan. Sedangkan yang memperoleh nilai 70.99 kebawah akan mendapat surat keterangan pendidikan dan pelatihan,” kata Mahdi.
 
Diklat tersebut turut menghadirkan sejumlah narasumber masing-masing, Kakankemenag Aceh Selatan, H Iqbal dan Yusnidar, Salman Al Farisi, Razali Yunus dari BDK Aceh serta Nazaruddin dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.(rel)

Tag:DiklatDiklat Guru