Jumat, 18 Oktober 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Gubernur Sumut Buka WISH 2019 di Unimed, Ajak Pelajar dan Mahasiswa Manfaatkan Peluang Beasiswa

Gubernur Sumut Buka WISH 2019 di Unimed, Ajak Pelajar dan Mahasiswa Manfaatkan Peluang Beasiswa

Sabtu, 27 Juli 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com–Para pelajar dan mahasiswa di Sumatera Utara (Sumut) diajak untuk memanfaatkan peluang beasiswa melalui World Internasional Shcolarship (WIHS) 2019. Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan, untuk kuliah di perguruan tinggi dalam negeri maupun di luar negeri. Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat membuka secara resmi World Internasional Shcolarship (WIHS) 2019 di Gedung Digital Library, Universitas Medan (Unimed), Jalan Willem Iskandar Medan, Sabtu (27/07/2019).
 
“Ada banyak peluang beasiswa belajar di dalam dan luar negeri, manfaatkan ini untuk belajar dan menuntut ilmu untuk meraih cita-cita,” kata Gubernur di hadapan ratusan pelajar dan mahasiswa yang hadir. Dijelaskannya, WISH 2019 ini merupakan rangkaian dari roadshow WISH yang diadakan di 21 provinsi. Acara ini akan diisi berbagai kegiatan, di antaranya Scholarship Forum, Inspiring Talk, Scholarship Supermentor, serta pameran beasiswa yang diikuti oleh penyedia beasiswa dan universitas dalam maupun luar negeri.
 
WISH adalah sebuah forum tahunan yang mempertemukan para pencari beasiswa, komunitas atau organisasi, lembaga penyedia beasiswa hingga pemangku kepentingan atau pemerintah yang peduli dengan pendidikan. Forum ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam dan luar negeri agar memperluas dampak program beasiswa untuk masyarakat Indonesia.
 
Gubernur juga mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk berpikiran terbuka. Karena, belajar tidak hanya sekadar mencari ilmu kemudian lulus dan mendapat gelar. Belajar seharusnya bertujuan mensejahterakan orang lain. “1000 tahun dapat beasiswa, kalau berpikiran sempit tak ada gunanya itu,” sambung Edy Rahmayadi.
 
Selain berpikiran terbuka, seseorang haruslah selalu bisa menyesuaikan diri dengan kondisi. Edy Rahmayadi mengibaratkan kecoa dan dinosaurus yang sama-sama binatang purba. Kecoa bisa bertahan hingga kini lantaran bisa menyesuaikan diri dengan keadaan, berbeda dengan dinosaurus yang sudah punah. Para generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa juga diharapkan dapat  berkontribusi bagi pembangunan Sumatera Utara. “Saya harapkan kalian, untuk membangun dan membesarkan Sumatera Utara ini di masa depan,” pesan Gubernur.
 
Apa pun ilmu yang sedang ditimba, seharusnya semuanya bermanfaat bagi kehidupan. Untuk itu Gubernur berpesan agar selalu memanfaatkan ilmu yang sedang ditimba. “Semua ilmu itu ada manfaatnya, tidak ada yang tidak bermanfaat, misalnya belajar hukum, belajarlah hukum untuk menegakkan keadilan,” pesannya.
 
Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Rionald Silaban mengatakan saat ini penerima beasiswa LPDP sudah mencapai sekitar hampir 21 ribu. Dengan komposisi universitas luar negeri sebanyak 48 persen dan dalam negeri sebanyak 52 persen. Sementara untuk Sumatera Utara, Kota Medan adalah kota dengan jumlah penerima beasiswa LPDP terbanyak yakni 124 orang.
 
Anggota DPR RI Raden Muhammad Syafii mengapresiasi kegiatan WISH 2019 tersebut. Menurutnya dengan diadakannya WISH, informasi mengenai beasiswa jadi mudah didapat bagi para pencari beasiswa. “Saya kira ini sesuatu yang sangat berharga,” katanya.
 
Pencari beasiswa Dina mengatakan WISH sangat membantunya mencari informasi beasiswa. Meski internet saat ini memudahkan pencarian informasi beasiswa, menurutnya hal tersebut belumlah cukup. “Kalau di WISH, saya bisa ketemu langsung sama lembaga penyedia beasiswa atau kampusnya langsung. Kalau di internet kan tidak bisa ketemu langsung dan tanya-tanya,” sebutnya. 
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, para konjen negara sahabat, Wakil Rektor IV Unimed Manihar Situmorang, Kadis Pendidikan Sumut Arsyad Lubis, dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumut Irman. (BS03)
T#g:Edy Rahmayadigubernur sumutPeluang BeasiswaPemprovsuWISH 2019WISH Unimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pimpin Rakor KSN Mebidangro, Edy Rahmayadi Ingatkan Semua Pihak Tentang Perpres 62/2011

    Beritasumut.com–Untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan terintegrasi Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro) dibutuhkan kes

  • 2 hari lalu

    Pemprov Sumut Dukung Upaya Penurunan Tingkat Kematian Ibu dan Bayi

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi dan mendukung program USAID Jalin di Sumut, yang bertujuan

  • 3 hari lalu

    Raker Sekda se-Sumut, Sabrina Berpesan Harus Tanggap dengan Perkembangan Terkini

    Beritasumut.com-Sekretaris Daerah (Sekda) memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Setidaknya, ada tiga fungsi mendasar yang menj

  • 3 hari lalu

    Toba Caldera Resort Diresmikan, Presiden Jokowi Ingin Rumah di Kawasan Danau Toba Dikembalikan Seperti Aslinya

    Beritasumut.com–Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan insfratuktur di kawasan Danau Toba untuk dapat deselesaikan sesuai

  • 5 hari lalu

    Ustadz Subhan Bawazier Isi Kajian Islami di Medan, Wagub Berharap jadi Pengingat dan Penguat Iman

    Beritasumut.com–Untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan keimanan para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utar

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.