Pendidikan

Gerakan Pramuka Kota Sibolga Gelar Pendidikan Anti Korupsi


Gerakan Pramuka Kota Sibolga Gelar Pendidikan Anti Korupsi
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk MM selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Sibolga, membuka Training OG Trainer Pendidikan Anti Korupsi di Aula Nusantara Kantor Walikota Sibolga, akhir pekan kemarin.
 
Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang SPi selaku Wakamabicab Gerakan Pramuka Kota Sibolga, Ketua Kwarcab Kota Sibolga Amarullah Gultom SE, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta para siswa-siswi tingkat menengah atas Kota Sibolga.
 
Syarfi Hutauruk mengungkapkan, bahwa untuk melawan korupsi diperlukan keberanian untuk menjalankan dua langkah aksi pencegahan yang betul-betul nyata serta tindakan penegakan hukum yang betul-betul tegas. Tindakan pencegahan harus berlandaskan dengan penegak hukum. Perlu membangun sistem dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi. Pemerintah telah mulai melakukan langkah percepatan reformasi birokrasi termasuk didalamnya reformasi pelayanan publik dan perizinan. Mekanisme kerja birokrasi harus diarahkan menuju Smart City.
 
“Gerakan pramuka akan menjadi lini terdepan dalam pencegahan korupsi. Tri Satya dan Dasa Dharma harus ditunaikan oleh semua anggota pramuka sebagai tunas bangsa serta menegaskan komitmen kejujuran, patriotis, cinta tanah air, bela negara, patriot bangsa, bangsa dengan negeri sendiri,” ujar Syarfi dilansir dari laman sibolgakota.go.id, Minggu (24/02/2019).
 
Syarfi menjelaskan, pencegahan korupsi menjadi bagian dari pendidikan pramuka, sebab dari sinilah muncul tunas-tunas dan pemimpin bangsa."Gerakan pramuka akan menjadi lini terdepan dan bekerja sama dengan pemerintah dalam pencegahan korupsi di Indonesia. Korupsi harus kita jadikan sebagai musuh bersama (Common Enemy), dengan membangun impian bersama (Collective Identity). Kedua ini harus terus diproduksi menjadi gagasan bersama (Collective Idea). Pemerintah harus membangun E-Goverment untuk meningkatkan pelayanan publik dan memperkuat transparansi dan akuntabilitas," papar Syarfi.
 
Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sibolga, Amarullah mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang korupsi kepada generasi muda pramuka penegak putra-putri se-Kota Sibolga gerakan pramuka Kota Sibolga.
 
Amrullah menambahkan, dalam kesempatan ini pihaknya mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) sebagai narasumber dari fungsional Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK-RI, Benydictus Siumlala MS.(BS09)
 

Tag:KPKKorupsipramukaSibolga