Pendidikan

Fokus Benahi Pendidikan, Pemkab Samosir Beri Beasiswa Siswa Berprestasi dan Yatim Piatu

Fokus Benahi Pendidikan, Pemkab Samosir Beri Beasiswa Siswa Berprestasi dan Yatim Piatu
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir memberikan beasiswa kepada para siswa berprestasi dan siswa yatim piatu pada kesempatan perayaan Natal yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Samosir di Hotel Dainang Pangururan. Acara ini diikuti oleh Bupati, Wakil Bupati, Kapolres Samosir, Dandim, Kacabdis Pendidikan Provsu, Pimpinan OPD, dan para jurnalis.
 
Dalam kata sambutannya, Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir, Rikardo Hutajulu menyampaikan bahwa terjadi kenaikan prestasi pendidikan dalam hasil UN Tahun 2019 di Kabupaten Samosir yaitu Peringkat IV se-Sumatera Utara. “Tidak hanya pada prestasi UN tetapi terjadi kenaikan dalam jumlah siswa yang masuk SMA Unggul baik di Del, Soposurung, dan Matauli Pandan,” ujar Rikardo dilansi dari laman samosirkab.go.id, Minggu (29/12/2019).
 
Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah penerima beasiswa prestasi sejumlah 225 orang dan beasiswa yatim piatu sejumlah 766 orang terdiri dari jenjang SD,SMP,SMA/SMK. "Walaupun pengelolaan SMA/SMK sudah domain Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Pemkab Samosir tetap peduli karena mereka juga putra-putri Samosir. Beasiswa juga akan diberikan kepada mahasiswa berprestasi di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Samosir," sambung Rikardo.
 
Sementara itu, Kacabdis Pendidikan Provinsi Sumut, Alfred Silalahi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Samosir yang telah memberi perhatiannya kepada siswa SMA/SMK khususnya dalam pemberian beasiswa siswa prestasi dan siswa yatim piatu. “Saya sangat mengapresiasi pemberian beasiswa ini dan sepengetahuan saya hanya Kabupaten Samosir yang memberi beasiswa kepada siswa/i SD,SMP,SMA/SMK di kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara,” jelasnya.
 
Bupati Samosir, Rapidin Simbolon memerintahkan Kadis Pendidikan untuk mengawal pendidikan anak yatim piatu di Kabupaten Samosir. “Kita harus memberikan kasih sayang kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari terutama anak yatim piatu.Bila kita serius membenahi pendidikan dari sekarang, maka kita akan menuainya dalam kurun waktu puluhan tahun ke depan yaitu adanya siswa/i dari Samosir lulusan dari Perguruan Tinggi ternama dengan pengetahuan, sikap, perilaku, dan karakter yang dapat dibanggakan," papar Bupati.
 
Bupati memberikan ilustrasi bahwa penilaian terhadap seseorang yaitu jika perawakannya bagus itu memiliki nilai 40%, perilakunya bagus 40%, dan yang 20% lagi yaitu kecerdasan. “Jadi yang utama adalah sikap dan perilaku yang didukung oleh kecerdasan,” pungkas Bupati.(BS09)