Sabtu, 18 Januari 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • FAH UIN Ar-Raniry dan Kemenag Jalin Kerjasama Pelatihan dan Pendampingan Perpustakaan

FAH UIN Ar-Raniry dan Kemenag Jalin Kerjasama Pelatihan dan Pendampingan Perpustakaan

Minggu, 29 Oktober 2017 11:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banda Aceh melalui Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG-PAI) Sekolah Dasar Kota Banda Aceh menandatangani naskah kerjasama dalam hal pelatihan dan pendampingan perpustakaan dengan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Aceh Library Consultant (ALC) di Aula FA akhir pekan kemarin.
 
Penandatanganan ini dilakukan Dekan FAH, Syarifuddin MA PhD, Kakankemenag Kota Banda Aceh Drs H Amiruddin MA, Direktur ALC T Ade Vidyan Maqfirah SIP disaksikan Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Zubaidah MEd, Ketua KKG-PAI SD Kota Banda Aceh Mustafa SPd I dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama FAH Dr Bustami Abubakar MA, serta Arkin SIP selaku manager program dan kerjasama ALC.
 
Koordinator KKG-PAI, Mustafa mengatakan penandatanganan kerjasama ini merupakan bagian dari pada program KKG-PAI Sekolah Dasar Kota Banda Aceh dengan prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dalam pelatihan dan pendampingan perpustakaan sekolah.
 
“Kerjasama dan pelatihan pengelolaan perpustakaan yang diperuntukkan untuk guru-guru PAI Kota Banda Aceh dibawah koordinasi KKG-PAI SD merupakan upaya untuk bisa mendampingi dan member bekal tentang pengelolaan perpustakaan sekolah," kata Mustafa dalam siaran persnya, Minggu (29/10/2017).
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Syarifuddin melalui ketua prodi S1 Ilmu Perpustakaan Zubaidah menyambut positif kerjasama dan pelatihan ini sebagai bentuk tanggungjawab Prodi Ilmu Perpustakaan untuk pengelolaan perpustakaan.
 
“Kegiatan ini sangat positif menyahuti standar nasional untuk pengelolaan perpustakaan sekolah. Namun untuk mencapai standar kompetensi diperlukan pelatihan, mengingat realitanya yang terjadi di lapangan banyak guru yang mengelola perpustakaan sekolah/madrasah,” jelasnya.
 
Selain itu, kata Zubaidah sebagai satu-satunya prodi Ilmu Perpustakaan yang ada di Aceh, tentunya menjadi sebuah kewajiban dan tanggungjawab untuk pengembangan pendidikan di Aceh khususnya dunia perpustakaan, sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi dan pencerahan serta solusi jangka pendek untuk pembinaan pengelola perpustakaan sekolah dalam mengembangkan perpustakaan.(Rel)
 
T#g:banda AcehFAH UIN Ar-RaniryFAH UIN Ar RaniryKemenagPerpustakaan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Dirjen PHU Kemenag Minta Masyarakat Laporkan Bila Ada Pungli untuk Layanan Haji

    Beritasumut.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nizar Ali meresmikan Pusat Layanan Ha

  • 7 hari lalu

    Tak Penuhi Syarat, 11 Penyelenggara Umrah Ini Dicabut Izinnya oleh Kemenag RI

    Beritasumut.com-Kementerian Agama mencabut izin operasional 11 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Di

  • 2 minggu lalu

    Kemenag RI Terima Hibah Tanah Pembangunan Asrama Haji Medan

    Beritasumut.com-Menag Fachrul Razi menerima sertifikat hibah lahan seluas 7.500 m2 untuk Asrama Haji Medan yang baru dari Pemerintah Kabupaten Tapa

  • 2 minggu lalu

    Air Banjir Bisa Jadi Alat Bersuci? Ini Penjelasan Dosen UIN Banten

    Beritasumut.com-Memasuki musim banjir, taharah atau bersuci adakalanya wajib dan sunnah bagi Umat Islam. Taharah menjadi wajib ditentukan berdasark

  • 2 minggu lalu

    Bupati Labuhanbatu Serahkan Bingkisan Kepada 68 Orang Pensiunan Kemenag

    Beritasumut.com-Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti (GAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag)

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.