Minggu, 22 September 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • FAH UIN Ar-Raniry dan ALC Bedah Perpustakaan Gampong Neusu Aceh

FAH UIN Ar-Raniry dan ALC Bedah Perpustakaan Gampong Neusu Aceh

Minggu, 29 April 2018 16:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, melalui HMP S1 Ilmu Perpustakaan bersama dengan Aceh Library Consultant (ALC) melakukan bedah Perpustakaan Gampong Neusu Aceh, Kota Banda Aceh. Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 28-30 April 2018.
 
Kegiatan tersebut kerjasama Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh dan  Gampong Neusu Aceh, Kota Banda Aceh. “Tahap awal kita fokus pada bedah perpustakaan dan pengembangan sistem automasi berbasis web dengan menggunakan software SLiMS. Selain itu, kita juga membekali para staf perpustakaan dengan pelatihan dasar pengelolaan Perpustakaan,” kata Muhammad Rizki, penanggungjawab kegiatan bedah perpustakan di Gampong Neusu Aceh, melalui siaran persnya, Minggu (29/04/2018).
 
Selama 3 hari, kata Rizki pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi mulai dari inventaris,entri, penempelan label dan barcode, pembuatan kartu perpustakaan untuk mendukung penerapan automasi perpustakaan serta kemudahan akses buku.
 
Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan, Zubaidah MEd mengatakan, bedah perpustakaan yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dan alumni merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama antara Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh dalam mewujudkan gampong literasi yang gemilang dalam bingkai syariah sesuai dengan visi dan misi Pemkot sekarang. “Setelah dibedah, insya Allah Senin (30/04/2018) akan dilauching,” ujar Zubaidah.
 
Kehadiran perpustakaan desa, kata Zubaidah harus diperjuangkan dan menjadi skala prioritas, demi membangun budaya baca masyarakat. Membangun perpustakaan desa merupakan bagian dari pada pembangunan untuk mewujudkan desa literasi dan sumber daya manusia yang berkualitas. “Untuk membangun perpustakaan desa, semuanya harus terlibat. Pemerintah desa harus bersinergi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk membangun perpustakaan desa,” tegasnya.
 
Turut hadir Geuchik Gampong Neusu Aceh, H Fauzi Oesman melalui Sekdes, Saiful Ahmad sangat berterima kasih kepada para mahasiswa dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan yang sudah berkenan meluangkan waktunya untuk membedah sistem perpustakaan yang sesuai dengan standar pelayanan perpustakaan.
 
“Pada prinsip antara perpustakaan dan masyarakat saling membutuhkan. Perpustakaan akan ada dan eksis jika dibutuhkan oleh masyarakat. Tentunya perpustakaan juga berkewajiban untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Bedah perpustakaan ini merupakan sebuah terobosan untuk memberikan pelayanan dan pengembangan kearah yang lebih baik,” jelas Saiful.
 
Kehadiran para mahasiswa dan alumni Prodi S1 Ilmu Perpustakaan dipimpin langsung oleh Direktur ALC, T. Ade Vidyan Maqfirah SIP, Muhammad Rizki (Ketua HMP S1 Ilmu Perpustakaan) dan turut didampingi sejumlah relawan Aceh Library Consultant (ALC) dan sejumlah pengurus HMP S1 IP. (Rel)
T#g:ALC AcehBedah PerpustakaanGampong NeusuUIN Ar-RaniryUIN Ar Raniry
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    HMI FAH UIN Ar-Raniry Lakukan Upgrading dan Raker Pengurus 2019-2020

    Beritasumut.com–Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan upgr

  • 3 minggu lalu

    UIN Ar-Raniry Gelar Orientasi Perpustakaan Mahasiswa Baru

    Beritasumut.com–UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry menggelar orientasi perpustakaan bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020 bertempat di UPT

  • 4 minggu lalu

    Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Ikut Pembekalan Magang

    Beritasumut.com–Sebanyak 88 mahasiswa program studi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti p

  • 2 bulan lalu

    UIN Ar-Raniry Aceh Yudisium 156 Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

    Beritasumut.com–Sebanyak 156 lulusan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh semester genap tahun aka

  • 2 bulan lalu

    Guru Besar Ilmu Perpustakaan UI Sampaikan Kuliah Umum di UIN Ar Raniry

    Beritasumut.com-Guru Besar Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Prof Dr Sulistyo Basuki, memberikan ku

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.