Pendidikan

FAH UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Motivasi Menulis


FAH UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Motivasi Menulis
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sejumlah mahasiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam TEAMWORK menggelar Seminar Motivasi Menulis bertema 'Satu Goresan Pena Membuka cakrawala Dunia', di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Senin (26/03/2018).
 
Seminar yang dipandu oleh Sri Wahyuni MIP, menghadirkan dua narasumber, Siti Aminah (alumni S1 Ilmu Perpustakaan dan Penulis Novel) dan Yusrawati selaku pustakawan berprestasi tingkat nasional tahun 2016.
 
Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Syarifuddin MAPhD dalam sambutannya mengatakan bahwa sebuah kata dan kalimat yang kita keluarkan merupakan kekuatan yang kita miliki. “Kata-kata adalah sebuah kekuatan. Kekuatan kata-kata bisa menjadi energi dan malapetaka. Seperti halnya kekuatan kata-kata dalam novel yang mampu mengerakkan para pembaca untuk termotivasi dan berkarya,” kata Syarifuddin.
 
Sebelumnya, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Aceh, Didi Setiadi SSos, juga berpesan bahwa salah satu syarat mutlak untuk menulis adalah membaca. Karena sejatinya, kata Didi bakat-bakat penulis itu tidak lahir begitu saja. “Bakat menulis harus diasah, harus dipraktekkan. Karena bakat itu tidak lahir begitu saja. Harus sering membaca kemudian mendiskusikan apa yang dia tulis,” ungkap Didi.
 
Dalam kesempatan tersebut, Siti Aminah yang tampil pada sesi pertama berbagi pengalaman bagaimana menjadi seorang pustakawan yang kreatif melalui menulis. Menurutnya, keinginan menulis berdasarkan kemauan, pengalaman dan kesempatan. Satu goresan kita dapat menyentuh orang lain dalam artian memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain apapun dapat ditulis. “untuk menjadi sukses itu butuh proses, tidak secara instan. Ketika kita tidak dihargai, maka salah satunya agar orang mengetahui siapa kita. Maka menulislah sehingga orang mengenal kita,” kata Siti Aminah yang merupakan kandidat magister Ilmu perpustakaan di CCNU China.
 
Sementara, narasumber lainnya, Yusrawati MIP mengajak para pustakawan untuk tidak hanya berpikir sebagai profesi menjaga buku, karena sejatinya pustakawan harus melakukan pengembangan diri salah satunya dengan menulis. Menulis disamping sebagai menunjang angka kredit dan promosi perpustakaan. Selain itu sebagai calon pustakawan masa depan harus mampu menulis karya ilmiah untuk menunjang kegiatan akademik. (Rel)

Tag:banda AcehSeminar MotivasiUIN Ar-RaniryUIN Ar RaniryWorkshop Menulis