Jumat, 21 Februari 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • EF Luncurkan Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini Khusus Anak Usia 3-6 Tahun

EF Luncurkan Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini Khusus Anak Usia 3-6 Tahun

Kamis, 24 Januari 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pengembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan Si Kecil, agar kelak memilki kemampuan untuk berkomunikasi, memahami dan mengekspresikan perasaan. Belajar mengenal, memahami, menggunakan, dan menikmati bahasa menjadi langkah awal dalam mengasah kemampuan literasi anak dan penting diberikan sejak usia dini.
 
Di samping itu, kemampuan literasi juga dapat mendukung anak dalam mengembangkan cara berpikir dan memecahkan masalah, serta membangun dan menjaga hubungan sosial.
 
Pada penelitian terbaru pendidikan dalam P21 Framework for 21 st Century Skills, disebutkan terdapat beberapa keterampilan yang diperlukan siswa agar berhasil dan sukses di masa depannya, diantaranya yaitu kemampuan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan komunikasi, literasi (informasi dan teknologi), sosial dan kolaborasi.Sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut, EF English First for Kids Teens meluncurkan inovasi program EF Small Stars melalui sebuah acara Parenting talk show bertajuk, 'Brunch with Roddy Friends'.
 
Elisabeth Maria, Regional Director EF English First Indonesia menyampaikan, “Kami menyadari perlunya mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak untuk menghadapi era saat ini dan masa depan. Kami melakukan sebuah inovasi pada program EF Small Stars karena kami ingin mendampingi anak-anak mengembangkan kemampuan literasi dini mereka melalui bahasa Inggris. Melalui materi pembelajaran dan aktivitas yang menyenangkan, anak pun akan memiliki antusiasme belajar yang tinggi dan menikmati proses belajar, sehingga mampu mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri dengan lebih baik.”
 
EF Small Stars adalah program pendidikan bahasa Inggris non formal khusus untuk anak usia 3-6 tahun. Program ini menggunakan metode belajar holistik melalui pendekatan pendidikan yang disesuaikan dengan tahapan usia anak. Pembelajaran ini dirancang agar dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional, kemampuan motorik halus dan kasar, serta kemampuan bahasa dan kognitif mereka dengan optimal.
 
Pada kesempatan ini Elizabeth Santosa atau yang akrab disapa Lizzie, Psikolog Pendidikan dan Anak, menyampaikan mengenai peran penting pengembangan bahasa sebagai dasar keterampilan dalam membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif, emosional dan sosial anak. Hubungan dan keterlibatan orangtua merupakan pondasi penting atau titik awal kebahagiaan anak yang berdampak positif terhadap perkembangan psikososial mereka.
 
“Maka penting bagi orangtua untuk membuat anak-anak mereka bahagia. Mengapa? Karena anak-anak yang bahagia akan memiliki kesadaran diri, manajemen diri dan keterampilan sosial yang baik, serta dapat memiliki kemampuan melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik. Semua itu penting dan terkait dengan hasil yang akan mereka peroleh di masa depan diantaranya yaitu keberhasilan pendidikan, misalnya menyelesaikan gelar sarjana, peningkatan atau kesuksesan karier dan lainnya seperti, lebih kecil kemungkinannya untuk mereka melakukan tindakan yang melanggar hukum," Jelas Lizzie.
 
Melalui inovasi pada EF Small Stars, diharapkan program ini dapat menjadi solusi bagi para orangtua yang ingin mengembangkan kemampuan literasi dan komunikasi anak melalui bahasa Inggris, sebagai persiapan kemampuan akademik mereka saat memasuki Sekolah Dasar dan sebagai bekal keterampilan yang diperlukan di masa depannya kelak.
 
“Singkatnya, inovasi program ini diluncurkan guna membantu mengembangkan kemampuan akademik, kompetensi dan karakter anak melalui materi dan lingkungan belajar yang berorientasi pada perkembangan masing-masing anak. Tentunya kami turut melibatkan peran orangtua melalui fasilitas pendukung pembelajaran EF, yang dapat diakses di dalam kelas maupun di rumah bersama orangtua, sehingga proses belajar menjadi lebih maksimal," pungkas Elisabeth Maria.(Rel)
T#g:Bahasa InggrisEFEF English FirstEnglish FirstPAUDPendidikan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Peduli Pendidikan di Papua, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Terima Bantuan Mobil Pintar

    Beritasumut.com-Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad menerima bantuan satu unit mobil pint

  • 2 hari lalu

    Terkait Rencana Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Politisi PKS Minta Mendikbud Gerak Cepat

    Beritasumut.com-Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengapresiasi langkah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar

  • 6 hari lalu

    Gubsu Berharap AYPI Sumbang Pemikiran Membangun Sumut

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menegaskan dirinya memiliki tanggungjawab terhadap perkembangan Yayasan Pendidikan Is

  • satu minggu lalu

    Tingkatkan Pelayanan Publik, Wakil Gubernur Minta Utamakan Prinsip Efisiensi

    Beritasumut.com-Pemerintah daerah senantiasa dituntut untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan publik. Untuk itu efisiensi menjadi salah satu pr

  • 2 minggu lalu

    Residivis Curanmor di Parkiran Carefour Ditembak Polsek Medan Baru

    Beritasumut.com-Polsek Medan Baru memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki seorang residivis pencurian sepeda motor (curanmor) dari k

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.