Sabtu, 29 Februari 2020
  • Home
  • Pendidikan
  • Dosen Unimed Latih Blended Learning SMA/SMK di Langkat

Dosen Unimed Latih Blended Learning SMA/SMK di Langkat

Minggu, 20 Oktober 2019 08:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tim Pengabdian Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA/SMK Pabaku, Stabat, Langkat. Kegiatan yang bertajuk 'Workshop Pengembangan Rencana Program Pembelajaran Terintegerasi Teknologi (Blended Learning)' tersebut dilaksanakan untuk mengajak dan membimbing guru-guru di SMA/SMK menginovasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas agar lebih responsif terhadap perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan dan pembelajaran. 
 
Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Sekolah SMA Pabaku, Kepala Sekolah SMK Pabaku, guru mata pelajaran di SMA/SMK Pabaku, dan tim pendamping dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unimed yakni Dr Hermawan Syahputra, Dr Syamsul Gultom dan Dr Restu. Untuk mendukung terselenggaranya kegiatan dan transfer pengetahuan kepada mahasiswa, tim pengabdi juga memberdayakan mahasiswa sebagai tim teknis workshop. 
 
Dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (20/10/2019), salah satu metode yang mampu memfasilitasi pengintegerasian teknologi dalam pembelajaran adalah metode blended learning. Blended learning mampu memfasilitasi guru untuk menyediakan berbagai media pembelajaran, materi pembelajaran, video pembelajaran, dan bahkan berinteraksi dengan siswa diluar jam pelajaran, dalam kaitan pengerjaan tugas atau diskusi, dalam suatu learning management system. Sehingga proses pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan dengan efisien dan alokasi waktu untuk berdiskusi semakin panjang karena sebagian materi dan pengetahuan awal siswa dapat terbentuk sebelumnya secara daring.
 
“Guru tidak bisa lagi menghindar dari penggunaan teknologi, maka dari itu guru harus belajar dan berlatih untuk memanfaatkan teknologi dalam tugas mengajarnya. Setelah memahami kegunaan dan menguasai pemanfaatan teknologi, guru akan merasa teknologi adalah peralatan yang sangat membantu tugas-tugas akademik guru," ujar Dr Hermawan.  
 
Dengan teknologi pembelajaran, kata Dr Hermawan, tidak hanya akan menjadi efisien, tetapi juga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan produktif. "Karenanya Unimed secara berkesinambungan akan terus berinteraksi dengan stakeholder untuk membimbing  dan melatih guru-guru dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran," terangnya.
 
Selain memberi pelatihan dan pembimbingan, Tim Pengabdi juga mengembangkan aplikasi e-learning yang selanjutnya diserahkan kepada SMA/SMK Pabaku untuk dapat digunakan pada kegatan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar pengetahuan yang disampaikan dapat segera dipraktikkan oleh guru sehingga didapatkan manfaat yang nyata dari program pengabdian tersebut.
 
Aplikasi e-learning yang ditransfer ke sekolah dikembangkan dengan LMS Moodle yang disematkan ke dalam website milik yayasan perguruan Pabaku stabat dgn url elearning.pabaku-stabat.sch.id. Pada workshop, guru-guru juga dilatih dalam penggunaan sistem informasi berbasis LMS Moodle tersebut sehingga guru mampu memanfaatkan teknologi yang ditransfer secara maksimal.
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA dan SMK Pabaku menyampaikan dukungan dan tindak lanjut kegiatan tersebut hingga pada workshop dan bimbingan teknis di bindang pembelajaran lainnya. "Hal ini dapat memperkuat peran dan sinergi Unimed dengan stakeholder. Sehingga Unimed sebagai pusat pembelajaran dan pengkajian pendidikan di Sumatera Utara dapat secara nyata menyentuh permasalahan di lapangan dan berkontribusi untuk mengatasi berbagai permasalahan pendidikan secara nasional pada umumnya, dan di Sumatera Utara pada khususnya," ujarnya.(BS09)
 
T#g:LangkatSekolahUnimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pengurus DPC HIPKI dan HISPPI PNF Langkat Dilantik

    Beritasumut.com-Pengurus DPC  Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) dan DPC Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indo

  • 3 hari lalu

    Pimpinan OPD Diminta Pro Aktif Sampaikan LAKIP, LKPJ dan RKPD

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA meminta, seluruh pimpinan OPD untuk pro aktif menyampaikan LAKIP dan LKPJ tahun 2019 serta RKPD, u

  • 3 hari lalu

    Sekdaprov Sabrina Serahkan Penghargaan Adiwiyata kepada 145 Sekolah di Sumut

    Beritasumut.com-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina menyerahkan penghargaan Adiwiyata 2019 kepada 145 sekolah d

  • 6 hari lalu

    Kejari Sosialisasikan E-Tilang Info di Langkat

    Beritasumut.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat bekerjasama dengan Diskominfo Langkat menyelenggarakan dialog interatif Jaksa  Menyapa terka

  • 6 hari lalu

    Pascasarjana Unimed Latih Mahasiswa Bertanam dengan Sistem Hidroponik

    Beritasumut.com-Perkembangan budidaya tanaman secara hidroponik di Kota Medan sudah sangat menggembirakan. Tapi, sosialisasi harus terus dilakukan

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.