Jumat, 13 Desember 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Dosen Unimed Beri Pendampingan kepada PKK Tanah Merah Olah Terung Ungu Jadi Dodol

Dosen Unimed Beri Pendampingan kepada PKK Tanah Merah Olah Terung Ungu Jadi Dodol

Minggu, 03 November 2019 09:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tim Dosen LPPM Unimed melakukan pendampingan Kelompok Ibu-Ibu PKK dan petani terung ungu dalam pembuatan tepung dan dodol terung ungu di Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Binjai Selatan. Tim Dosen LPPM tersebut adalah Dra Rosdiana MPd, Dr Farihah MPd dan Drs Sulaiman Lubis MM. Turut hadir pada pendampingan tersebut, Lurah Tanah Merah Agus Siswanto SSos dan puluhan ibu-ibu PKK Tanah Merah.
 
Ketua Tim Pendampingan Rosdiana mengungkapkan terung merupakan salah komoditi utama yang ada di Desa Tanah Merah. Masa tanam yang tidak terlalu lama dan berbagai kemudahan dalam menanam dan merawat buah terong ini maka tidak mengherankan jika banyak buah terong yang dihasilkan, sebagai akibatnya harga terung pun menjadi sangat murah sekali. 
 
Hal ini, katanya, akan memberi dampak kerugian terhadap petani terung sendiri. Buah terung ini bisa digunakan sebagai sayur untuk lauk. Namun selama ini pemanfaatanya hanya digunakan sebagai sayur lodeh, balado, direbus atau juga digoreng saja. Padahal pemanfaatan buah terong sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis kuliner lain yang bernilai secara ekonomis. 
 
"Oleh karena itu, saat ini perlu dicari alternatif untuk memanfaatkan buah terong bukan hanya untuk sayur lauk, namun juga bisa digunakan untuk berbagai macam kuliner lain yang pada akhirnya akan bisa digunakan untuk memberi penghasilan tambahan bagi para petani. Terung ungu bisa diinovasi menjadi tepung sebagai bahan baku kue dan membuat dodol," ujarnya dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (03/11/2019).
 
Selain itu, sambungnya, terung juga mengandung komponen phytonutrien penting yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan. Phytonutrien yang terkandung di dalam terung ungu yaitu komponen phenolik seperti caffeic dan chlorogenic acid, dan flavonoid yaitu nasunin. Komponen phenolik berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk melindungi dirinya terhadap stres oksidatif juga terhadap infeksi bakteri dan jamur. "Komponen phenolik utama di dalam terung ungu adalah chlorogenic acid yang merupakan salah satu utama radikal bebas," jelasnya.
 
“Perkembangan teknologi pangan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman. Berbagai inovasi pangan dilakukan oleh beberapa industri pengolahan pangan dalam menciptakan produk baru di masyarakat. Banyak makanan Indonesia yang tidak dijumpai di negara lain termasuk dodol".
 
"Dodol adalah makanan khas Indonesia yang sangat familiar, enak dan banyak macamnya. Pada pengolahan dodol juga diperlukan bahan baku berupa tepung ketan, santan kelapa, dan gula. Metode pelaksanaan kegiatan untuk mencari solusi dari permasalahan dalam melakukan pendampingan dan pembinaan kepada ibu-ibu PKK dan Petani Terung Ungu dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan monitoring/evaluasi,” paparnya lagi.
 
Sementara itu, Lurah Tanah Merah Agus Siswanto menjelaskan jika kegiatan ini sangat membantu ibu-ibu dan para petani terung untuk memaksimalkan hasil taninya menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan perbedayaan desa melalui kegiatan semacam ini, semoga kegiatan ini terus berlanjut, sehingga warga dapat berinovasi kepada produk tepat guna," ungkapnya.
 
Senada, Ketua PKK Tanah Merah juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh tim Dosen LPPM Unimed. “Kegiatan ini sangat membantu Ibu-Ibu PPK dalam membantu perekonomian kelurga. Terung ungu yang selama ini hanya digunakan sebagai lauk, kini bisa menjadi bahan membuat kue dan pengolahan dodol. Kami juga sangat berterimakasih dengan penyerahan oven pengering, peralatan dan bahan pembuat dodol. Semoga bisa membantu warga dalam pengolahan pangan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," pungkasnya.(BS09)
 
T#g:PKKpetaniUnimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    Ketua TP PKK Sumut: Pola Asuh yang Baik Bentengi Anak dari Pengaruh Buruk

    Beritasumut.com-Pola asuh anak merupakan suatu proses yang ditujukan untuk meningkatkan serta mendukung perkembangan seorang anak sejak bayi hingga

  • 2 hari lalu

    Gerakan Tebar Tanam dan Pelihara TP PKK Kota Medan Sambangi Kelurahan Tangkahan

    Beritasumut.com-TP PKK Kota Medan melakukan gerakan Perempuan Tebar Tanam dan Pelihara di Kelurahan Tangkahan, Medan Labuhan tepatnya di Jalan Rawe

  • 5 hari lalu

    Goes to Campus di Unimed, KPAI Bahas Isu Perlindungan Anak

    Beritasumut.com-Isu perlindungan anak saat ini bukan lagi menjadi isu yang biasa tetapi telah menjadi hajat kepentingan nasional. Hal tersebut dite

  • satu minggu lalu

    Plt Walikota Medan: Seluruh Kerja Pemko Untuk Tingkatkan Indeks Kebahagiaan Masyarakat

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menegaskan seluruh langkah, gerak dan kerja yang dilakukan Pemko Med

  • satu minggu lalu

    Hari Bakti PUPR dan Dharma Wanita, Nawal Apresiasi Banyak Kegiatan Sosial

    Beritasumut.com–Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Peruma

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.