Pendidikan

Dosen FBS Unimed Kenalkan Budaya Batak ke Dunia di Prancis

Try Try
Dosen FBS Unimed Kenalkan Budaya Batak ke Dunia di Prancis
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dosen Bahasa Prancis Unimed, Dr Andi Wete Polili MHum keluar sebagai pemenang lomba bahasa Prancis dunia 'Bienvenue à Nice'. Acara ini ditujukan bagi pengajar bahasa prancis dunia, ada 5 benua (Asia, Amerika Afrika, Australia, Eropa) yang menjadi pemenang dan mewakili negaranya masing-masing. 
 
Dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (16/02/2020), pemenang diberikan beasiswa untuk memperdalam bidang pedagogik dan kebudayaan bahasa Prancis sekaligus pertukaran budaya setiap negara. Setiap minggu peserta presentasi tentang budaya, pariwisata masing-masing negara. Dr Andi menerima beasiswa yang diberikan oleh pihak “des universités de la Francophonia, Prancis.
 
"Sebagai orang Sumatera Utara, Saya mempresentasikan kain ulos, tarian tor tor, kebudayaan batak di hadapan publik (pengajar, pemenang, pelajar) bahasa Prancis. Dan tentunya Indonesia secara keseluruhan wajib diterangkan karena beberapa peserta belum begitu kenal indonesia tetapi Bali, Lombok, Labuan Bajo, mereka sangat hapal. Itulah tugas sebagai ambasador bangsa supaya Indonesia lebih dikenal," ungkap Dr Andi.
 
Dr Andi menjelaskan jika para peserta sangat antusias bertanya tentang budaya dan pariwisata Indonesia. "Sangat beruntung mendapatkan beasiswa ini yang diberikan oleh pihak “des universités de la Francophonia, Prancis. Kegiatan ini berlangsung di Kota NICE, daerah selatan Prancis dari tanggal 6 Januari 2020 sampai 7 Februari 2020,” jelasnya.
 
Sementara itu, Dekan FBS Unimed Dr Abdurrahman Adisaputera MHum memberi apresiasi atas prestasi Dr Andi."Hal ini sungguh membanggakan bagi kita civitas akademika Unimed. Karena dosen kita juga menjadi ambrasador mewakili Indonesia, dimana dapat mengenalkan juga mempromosikan budaya, keberagaman dan pariwisata di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara. Semoga setelah kembali ke tanah air, dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap kemajuan bangsa dan juga Unimed sebagai PTN, khususnya dalam bidang pendidikan dan budaya," terang Abdurrahman.(BS09)