Pendidikan

Dosen FAH UIN Ar Raniry Dilatih Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI


Dosen FAH UIN Ar Raniry Dilatih Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Sebanyak 60 dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh dilatih dan dibekali tentang penyusunan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bertempat di ruang dosen FAH kampus tersebut.
 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry tersebut berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 13-14 Nopember 2019 dengan menghadirkan narasumber Dr Bohori Muslim MAg selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM UIN Ar-Raniry.
 
Ketua pelaksana, Dr Phil Abdul Manan MSc MA menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya dalam menyusun kurikulum berbasis KKNI pada setiap program studi yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry.
 
“Pengembangan kurikulum tentunya harus sesuai dengan kebutuhan serta permintaan pasar dalam upaya meningkatkan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi dan daya minat mahasiswa baru,” kata Abdul Manan disela-sela kegiatan berlangsung, Rabu (13/11/2019).
 
Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Zubaidah MEd mengatakan bahwa peninjauan Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan sebuah keharusan dan amanah undang-undang dan institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan yang tertuang dalam capaian pembelajaran.
 
“Perguruan Tinggi sebagai institusi penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dunia pendidikan dan juga dalam menyikapi perkembangan era revolusi industri 4.0,” kata Zubaidah.(rel)

Tag:Kurikulum KKNIUIN Ar-RaniryUIN Ar Ranirykurikulumkurikulum berbasis KKNIkurikulum pendidikan