Pendidikan

Dinkes dan BBPOM Diminta Tingkatkan Fungsi Pengawasan Terkait Beredarnya Vaksin Palsu


Dinkes dan BBPOM Diminta Tingkatkan Fungsi Pengawasan Terkait Beredarnya Vaksin Palsu
Beritasumut.com/Ist
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Parlindungan Purba 

Beritasumut.com-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Parlindungan Purba meminta kepada Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan Dinas Kesehatan untuk dapat meningkatkan fungsi pengawasannya terkait dengan adanya vaksin palsu yang beredar di masyarakat.

"Artinya begini, saya minta BBPOM dan Dinas kesehatan supaya lebih meningkatkan lagi pengawasannya. Kalau di Jakata kan sudah ada timnya, di sini yang perlu kita tekankan," ungkap Parlindungan Purba, Minggu (26/06/2016).

Apalagi, sambung Parlindungan, vaksin itu sangat penting untuk meningkatkan imunitas dari pada tubuh manusia. Jika, sampai ada vaksin palsu yang beredar dan terpakai, tentu akan membahayakan bagi kesehatan manusia."Selain itu, kita juga akan mempertanyakan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait adanya kebenaran dari isu ini," jelasnya.

Sementara itu, Lisa, salah seorang warga di Kecamatan Medan Timur mengaku resah dengan kabar dari vaksin palsu tersebut. Ia menyebutkan peredaran vaksin palsu itu, menurutnya besar kemungkinannya untuk sudah sampai di Medan.

"Kita tentu resah, vaksin palsu itu sudah sampai di Medan. Soalnya pabriknya kan sudah lama beroperasi. Jadi bisa saja, memang selama ini sudah ada di Medan," sebutnya.(BS04)


Tag: