Pendidikan

Dekan dan Dosen FAH UIN Ar-Raniry Ikut Konferensi Internasional di Bandung


Dekan dan Dosen FAH UIN Ar-Raniry Ikut Konferensi Internasional di Bandung
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Sebanyak 8 orang perwakilan dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti International Conference on Humanities and Islamic Civilization (ICON-HIC) 2019 di Hotel Grand Aquila, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (27/06/2019).
 
Delegasi dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry dipimpin langsung oleh Dekan FAH Dr Fauzi Ismail MSi. Turut serta dalam rombongan tersebut, Wakil Dekan bidang akademik dan kelembagaan Dr Phil Abdul Manan MSc MA, Kepala Tata Usaha Dra Maryam dan sejumlah dosen dilingkungan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
 
Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Fauzi Ismail MSi mengatakan bahwa ICON HIC 2019 merupakan bagian dari pertemuan Forum Dekan dan Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) PTKIN se-Indonesia yang berlangsung selama 3 hari, 26-28 Juni 2019 di Grand Aquila Hotel, Bandung. “Selain konferensi internasional, serangkaian kegiatan lain juga dilaksanakan dalam pertemuan tahunan tersebut, diantaranya pertemuan forum dekan dan forum jurusan/program studi,” kata Fauzi melalui siaran persnya, Kamis (27/06/2019).
 
Pada forum Dekan, lanjut Fauzi, akan dibahas tentang pengembangan kelembagaan Fakultas Ilmu Adab dan Ilmu Humaniora di bawah naungan Kementerian Agama sedangkan untuk Forum Jurusan/Program Studi akan fokus membahas pendirian asosiasi program studi dan pengembangannya. “Pertemuan ADIA kali ini merupakan pertemuan yang ke dua belas sejak Asosiasi Dosen Ilmu-ilmu Adab (ADIA) dibentuk pertama kalinya pada Forum Dekan Adab UIN/IAIN/STAIN se Indonesia ke-7 yang dilaksanakan di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh di Daka Hotel Banda Aceh pada November 2008 lalu,” sebutnya.
 
Konferensi yang mengusung tema 'Penguatan Khazanah Lokal dan Budaya Islam dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0' ini turut menghadirkan sejumlah pembicara internasional masing-masing Ronald Lukens-Bull PhD (Universitas North-Florida-USA), Prof Dr H Sutrisno MAg (UIN Sunan Kalijaga-Indonesia), Prof Dudung Abdurrahman MHum (UIN Sunan Kalijaga-Indonesia), Talal Ahmad el-Awwad el-Hassan PhD (Sudan), Dr Tengsoe Tjahjono (UNESA-Surabaya), dan Dr Ajid Thohir MAg (UIN Sunan Gunung Djati-Indonesia). (Rel)

Tag:BandungDekanDosenFAH UIN Ar-RaniryFAH UIN Ar RaniryKonferensi Internasional