Pendidikan

DPRD Sumut Usulkan Guru Terima Tunjangan Tambahan Penghasilan


DPRD Sumut Usulkan Guru Terima Tunjangan Tambahan Penghasilan
BERITASUMUT.COM/BS07
Ikrimah Hamidy, Komisi A DPRD Sumut
Beritasumut.com-Para Guru di tingkat pendidikan SMA/SMK Sederajat yang berada di bawah pengelolaan Pemprovsu diajukan agar dapat menerima tunjangan. Saat ini, guru tidak masuk dalam penerima tunjangan apapun selain tunjangan profesi bagi guru yang bersertifikasi. Guru yang belum bersertifikasi diupayakan dapat menerima tunjangan tambahan penghasilan (TPP). Demikian ujar anggota Komisi A DPRD Sumut, Ikrimah Hamidy, dalam RDP dengan BKD dan Kesbangpol di Medan, Rabu (02/05/2018).
 
Dalam rapat tersebut, dibahas problema TTP bagi guru SLB yang dihapuskan karena tidak boleh menerima dua tunjangan. Sehingga saat ini semua guru tidak menerima TTP karena dianggap menerima tunjangan profesi. Namun di lapangan, tidak semua guru menerima tunjangan profesi karena sebagian guru belum bersertifikasi.
 
“Tunjangan itu kan untuk perbaikan kinerja. Bagaimana mau memajukan pendidikan kalau guru tidak mendapat tunjangan? Itu harus diberikan kepada semua guru, kalau guru itu nanti mendapatkan tunjangan profesi setelah bersertifikasi, TTP dapat dicabut. Toh mereka yang belum bersertifikasi juga mengajar. Gubernur deklarasikan Sumut provinsi berkarakter, tapi bagaimana bisa kalau guru tidak didukung,” kata Politisi PKS ini.
 
Ikrimah berharap, sebelum P-APBD diajukan, BKD harus membuat konsep mengajukan pemberian TTP kepada guru-guru yang berlum mendapatkan tunjangan profesi demi mendukung kinerja guru dalam mencerdaskan bangsa. “Guru yang belum sertifikasi karena ada kriteria yang belum mereka penuhi. Di lapangan, jam mengajar untuk mata pelajaran tertentu banyak yang tidak bisa dapat tunjangan profesi. Saat ini masih banyak yang menokoh, mencomot jam sana-sini, kalau bersih diterapkan maka banyak guru yang tidak mendapatkan tunjangan profesi,” ungkapnya. Dia pun berharap hal itu dapat dikaji betul dan BKD dapat mengundang Dinas Pendidikan Provsu untuk meminta data guru-guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi untuk diajukan menerima TPP.
 
Sementara itu, Sekretaris BKD Syahrudin Lubis didampingi Hariadi Butar-butar mengatakan saran tersebut akan dipikirkan ke depan. Saat ini jumlah guru di bawah Pemprovsu mencapai puluhan ribu, jika disamakan dengan PNS, maka TTP bisa mengecil dari pagu yang disediakan. “Kami akan kaji lagi, seandainya guru harus diberikan TTP, mungkin akan kami patok berapa besarnya setiap bulan dan sama semuanya. Kami perlu kajian lagi sekarang, memang belum bisa sempurna. Tapi pelan-pelan kita perbaiki. Karena ini menyangkut hajat orang banyak, kami coba terus perbaiki Pergub ini sesuai aspirasi yang ada,” ujarnya. (BS07)

Tag:DPRD SumutGuru PemprovsuPemprovsusertifikasi guruTTP GuruTunjangan Penghasilan