Selasa, 23 Juli 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • Akuntansi Unimed Optimis Pertahankan Akreditasi A, Sastra Inggris Yakin Dapat A

Akuntansi Unimed Optimis Pertahankan Akreditasi A, Sastra Inggris Yakin Dapat A

Senin, 13 Juni 2016 23:19:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ist
Unimed

Beritasumut.com-Hampir mayoritas program studi di lingkungan Unimed di tahun 2016 ini disibukkan dengan persiapan dan pelaksanaan visitasi untuk akreditasi dari BAN-PT. Kegiatan akreditasi merupakan kegiatan rutin lima tahunan bagi suatu program studi dan institusi di setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Pelaksana akreditasi adalah asesor yang diutus oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang merupakan lembaga independen yang bertugas melaksanakan akreditasi semua program studi dan institusi suatu kampus. Akreditasi bagi suatu kampus merupakan bentuk pengakuan atas kualitas dari sisi manajemen, sarana prasarana, kurikulum, SDM dosen, publikasi ilmiah, kerjasama dan prestasi mahasiswa.

Bahkan berbagai lembaga lapangan kerja dalam proses penerimaan sudah mensyaratkan pagi pelamar harus berasal dari perguruan tinggi yang terakreditasi A dan B. Hal ini menerangkan bahwa nilai akreditasi tersebut sudah menjadi acuan suatu kampus berkualitas dan tidak.

Dilansir dari laman resmi humas.unimed.ac.id, pada Minggu ketiga bulan Juni 2016 ini, ada dua program studi yang berturut-turut melaksanakan visitasi akreditasi adalah Prodi Pendidikan Akuntansi FE yang dilaksanakan pada 13-14 Juni 2016. Ketua Prodi Dra Effi Aswita Lubis MPd, dengan Asesor Prof Dr Sutrisno SE Ak MSi dari Universitas Brawijaya dan Dr H Cipto Wardoyo SE MPd MSi Ak CA dari Universitas Negeri Malang.

Kemudian Prodi Sastra Inggris FBS yang dilaksanakan pada 16-18 Juni 2016, Ketua Prodi Syamsul Bahri SS MHum, dengan asesor Prof Dr H Mohammad Adnan Latief MA dari Universitas Negeri Malang dan Prof Drs Burhanuddin Arafah MHum PhD dari Universitas Hasanuddin Makassar.

Dekan kedua fakultas tersebut yakni Dekan FE Prof Indra Maipita MSi PhD dan Dekan FBS Dr Isda Pramuniati MHum optimis prodinya akan mendapat akreditasi A. "Saya yakin Prodi Pendidikan Akuntansi akan dapat mempertahankan nilai akreditasi A. Dari isi borang dan evaluasi diri, serta kelengkapan dokumen yang ada, optimisme untuk mempertahankan nilai tersebut dapat kita capai. Optimisme tersebut tentu sangat berdasar karena dari semua indikator kita telah penuhi dengan baik," ujar Prof Indra Maipita.

"Kualifikasi dosennya sudah sangat baik, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen juga baik, prestasi dan kegiatan mahasiswa kita unggul, lulusan kita diserap di berbagai lapangan kerja, dan juga prestasi lainnya. Maka kita sangat optimis akan meraih nilai maksimal. Nilai ini sangat kita harapkan untuk terus mamajukan prodi dalam berkiprah memenangkan berbagai hibah nasional dan meraih prestasi yang membanggakan civitas," tutur Prof Indra menambahkan.

Sementara itu, Syamsul Bahri SS MHum selaku Ketua Prodi Sastra Inggris mengungkapkan persiapan akreditasi cukup melelahkan, namun dia yakin dengan kerjasama pihaknya mampu meraih nilai yang maksimal."Namun dengan kerjasama dan kekompakan tim taskforce semua kebutuhan telah kita siapkan dengan baik. Kita semua tim taskforce sangat optimis akan meraih nilai maksimal, karena seluruh indikator telah terpenuhi dengan maksimal," pungkasnya. (BS02)

T#g:Unimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pusham Unimed dan Terra Simalem Gelar Diskusi Pakar Terkait RUU Sumber Daya Air

    Beritasumut.com-Rancangan Undang-Undang (RUU) Sumber Daya Air (SDA) yang saat ini dalam dalam perumusan DPR perlu memastikan hak dasar rakyat atas

  • satu minggu lalu

    Aktif Lestarikan Lingkungan, Dosen Fakultas Ilmu Sosial Unimed Raih Penghargaan Kalpataru 2019

    Beritasumut.com-Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menyerahkan Penghargaaan Kalpataru 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepa

  • 2 minggu lalu

    2584 Pendaftar Lulus SBMPTN 2019, Unimed Ingatkan Peserta Persiapkan Dokumen Daftar Ulang

    Beritasumut.com-Universitas Negeri Medan (Unimed) mengumumkan kelulusan para peserta SBMPTN 2019. Dari jumlah pendaftar 22.692, yang dinyatakan Lul

  • 2 minggu lalu

    Mahasiswa Biologi Unimed Eksplorasi Anggrek Tien Soeharto

    Beritasumut.com-Indonesia dikenal sebagai salah satu negara mega biodiversitas karena memiliki keanekaragaman hayati yang tergolong tinggi dan meru

  • 3 minggu lalu

    Unimed Tingkatkan Mutu Hadapi Tantangan Era Disrupsi

    Beritasumut.com-Universitas Negeri Medan (Unimed) terus berbenah dan meningkatkan mutu pendidikan, menghadapi tantangan global menuntut perguruan t

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.