Selasa, 20 Agustus 2019
  • Home
  • Pendidikan
  • 2017, Anak Yatim di Panti Asuhan Juga Akan Terima KIP

2017, Anak Yatim di Panti Asuhan Juga Akan Terima KIP

Minggu, 08 Januari 2017 11:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
KIP.
Beritasumut.com-Mulai Januari 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memulai proses distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anak yatim dan yatim-piatu, baik yang ada di panti asuhan maupun yang berada di luar panti asuhan. 
 
Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, Kemendikbud juga akan memastikan penerima KIP untuk kategori anak yatim dan yatim-piatu adalah mereka yang benar-benar berasal dari golongan tidak mampu.
 
"Anak yatim yang menerima KIP tersebut harus betul-betul tidak mampu secara ekonomi, karena banyak juga anak yatim yang ternyata kaya. Nanti kalau kita beri KIP malah tersinggung," ujar Mendikbud dilansir dari laman resmi kemdikbud.go.id, Sabtu (7/1/2017).
 
Ia juga meminta pihak sekolah agar mengajak anak-anak usia sekolah di sekitar lingkungannya untuk kembali bersekolah. Apalagi, distribusi KIP akan dilakukan pihak sekolah langsung ke peserta didiknya.“Kalau tahun sebelumnya kan melalui desa. Permasalahannya kemarin, kita tidak memiliki hubungan birokrasi dengan desa. Jadi rentang kendali menjadi lebih panjang," kata Mendikbud.
 
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, mulai Januari 2017 Kemendikbud akan memulai proses distribusi KIP untuk anak yatim dan yatim-piatu. Saat ini, berdasarkan data yang dihimpun Kemendikbud dari data pokok pendidikan (dapodik) per Desember 2016, ada sekitar 896-ribu anak yatim dan yatim-piatu. 
 
Sementara itu, jumlah anak yatim dan yatim-piatu yang berada di panti asuhan mencapai sekitar 44-ribu anak.“Dari data tersebut, bisa jadi ada yang beririsan, ada juga yang baru (terdaftar),” kata Hamid di kesempatan yang sama.Kemendikbud akan tetap menggunakan basis data terpadu yang kemudian dicek silang dengan dapodik dalam penyaluran KIP. Pada tahun 2017 ini, Kemendikbud menargetkan akan menyalurkan sekitar 16,4 juta KIP. (BS02)
 
T#g:Anak yatimKIPMendikbudPanti AsuhanSekolah
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bupati Batubara Serahkan Seragam Sekolah Gratis

    Beritasumut.com-Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menyerahkan ribuan seragam sekolah gratis kepada pelajar SD dan SMP/sederajat se-Kabupaten Batubara.

  • 2 minggu lalu

    Pemprov Sumut Akan Bangun 28 Unit Sekolah Baru

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) akan membangun 28 unit sekolah baru di daerah ini, yang terdiri atas 11 unit SMA

  • 3 minggu lalu

    Penandatanganan Perjanjian Kinerja OPD, MenPAN-RB Harapkan Jadi Awal Penguatan SAKIP Pemprov Sumut

    Beritasumut.com–Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin menyaksikan penandatanganan Perjanjian Kine

  • 4 minggu lalu

    Pemko Medan Minta Ada Penambahan Sekolah Negeri ke Komisi X DPR RI

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menerima kunjungan kerja Komi

  • 4 minggu lalu

    Agar Bisa Berkembang, Seskab: Mata Pelajaran Untuk Anak Jangan Terlalu Banyak

    Beritasumut.com-Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengingatkan, bahwa anak adalah masa depan bangsa, dan pendidikan dan juga keluarga menja

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.