Olahraga

Peringati Haornas ke-36, Bupati Deli Serdang Serahkan Penghargaan kepada Atlet dan Pelatih Berprestasi


Peringati Haornas ke-36, Bupati Deli Serdang Serahkan Penghargaan kepada Atlet dan Pelatih Berprestasi
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 tingkat Kabupaten Deli Serdang diwarnai penyerahan penghargaan dan uang pembinaan kepada 346 Atlet dan Pelatih berprestasi Internasional, Nasional dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (18/10/2019) di Lapangan Alun-Alun Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam.
 
Bertindak selaku Irup pada upacara peringatan Haornas adalah Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang juga dihadiri Kapolres Deli Serdang AKBP Eddy Suryantha Tarigan, unsur FKPD, para Asisten, Kadis Kepemudaan dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata H Faisal Arif Nasution Msi dan Pimpinan OPD terkait lainnya, unsur pengurus KONI dan Pengcab Olahraga, pimpinan OKP dan Ormas lainnya, dikuti peserta upacara barisan TNI/Polri, Mahasiswa, Pelajar dan Pramuka.
 
Bupati saat membacakan pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi diantaranya mengatakan bahwa pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani, berarti telah mendukung kebijakan Presiden tentang revolusi mental serta SDM unggul indonesia maju.
 
Pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan Asean Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.
 
"Alhamdulillah banyak prestasi membanggakan kata Imam Nahrawi seperti yang kita ketahui tahun 2018 pada perhelatan asian games dan asian paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlet nasional. Peringkat ke 4 pada ajang asian games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Dan yang lebih membanggakan, atlet disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu". 
 
"Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan atlit disabilitas. Dan tahun ini kita telah menyiapkan atlet-atlet yang akan bertanding dalam perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo," paparnya.
 
Untuk optimalisasi pemasalan dan pembudayaan olahraga, sesuai intruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yang juga ditindaklanjuti dengan peraturan Menpora RI nomor 18 tahun 2017 tentang gerakan Ayo Olahraga, "Maka olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat indonesia yang masih rendah. Maka dengan gerakan ayo olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut," harapnya.
 
Hal ini sejalan dengan pesan Presiden dalam salah satu janji kampanye yang dikeluarkan oleh kantor staf kepresidenan yaitu “Perlu pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta perlu menumbuhkan minat masyarakat indonesia dalam bidang Olahraga, sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa”.
 
Dikatakan lagi bahwa Tema besar Haornas tahun 2019 ini adalah Ayo Olahraga, Di Mana saja, Kapan Saja. tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, menjadi penting, agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia. Melalui peringatan Haornas ini, kita kuatkan lagi olahraga prestasi, untuk menuju pentas yang lebihbesar, yakni di Olimpiade dan Paralimpiade nanti. (BS05)
 

Tag:Haornas