Selasa, 10 Desember 2019

NPC Medan Jaring Atlet Handal

Senin, 10 Desember 2018 10:31:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Kejuaraan Cabang (Kejurcab) atletik antar atlet pelajar difabel kembali dilaksanakan oleh pengurus National Paralympic Committee (NPC) Kota Medan tahun 2018. Sejumlah 80 atlet pelajar se Kota Medan bersaing menjadi yang terbaik di kejurcab atletik yang berlangsung di Stadion Universitas Negeri Medan, Minggu (09/12/2018).
 
Kejurcab atletik NPC Medan dibuka langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Medan Marah Husin Lubis. Usai membuka kejurcab atletik Husin Lubis menyambut baik kejuaraan ini dan mengapresiasi pengurus NPC yang tiada henti melaksanakan program pembinaan atlet dengan baik dan berkesinambungan. 
 
Pemerintah juga mengucapkan terima kasih kepada atlet NPC kota Medan yang selama ini telah berjuang dalam mengharumkan nama kota Medan baik di event nasional maupun internasional.
 
"Saya lihat sudah sangat baik sekali ya pembinaan atlet NPC di Kota Medan. Karena tidak hanya atletik, beberapa cabang sebelumnya juga telah melaksanakan kejuaraan. Seperti kejurcab catur yang telah terlaksana tahun ini. Karena tanpa kejuaraan seorang atlet susah meraih prestasi DNS mengevaluasi hasil latihan yang ia lakukan selama ini. Makanya, kejuaraan memang menjadi kebutuhan atlet," ucap Husin Lubis.
 
Lebih lanjut dikatakan Husin bahwa Pemko Medan berjanji akan menambah dana hibah kepada NPC Medan di tahun 2019 demi mendukung program kerja pengurus. Bahkan, pihaknya melalui NPC kota Medan juga akan memberikan perhatian serius kepada SLB untuk pembinaan atlet.
 
"Mudah-mudahan akan lahir atlet hebat melalui kejurcab atletik ini. Ke depan mereka bisa mewakili Sumut di event nasional bahkan Indonesia berlaga di Asian Para Games," harap Kadispora Medan.
 
Sementara ketua NPC Medan Zainul Kahfi Lubis mengatakan, kejuaraan tersebut untuk melihat potensi para atlet pelajar dari berbagai sekolah di Kota Medan khususnya yang memiliki potensi di cabor atletik. Zainul berharap, melalui kejuaraan itu menjadi awal baik bagi pengurus untuk lebih selektif dalam mencari atlet dari setiap sekolah.
 
"Kami ingin melihat potensi mereka yang memiliki bakat di cabor atletik. Pengurus sangat konsisten terus menjaring atlet dari SLB dan sekolah umum untuk ke depan kita bina sebagai atlet andalan kota Medan. Termasuk nantinya bisa mewakili Sumut di pentas event nasional seperti Peparnas maupun Indonesia di ajang Asian Para Games," harap Zainul Kahfi Lubis.
 
Apresiasi juga dikatakan Wakil Ketua NPC Sumut Bidang Bina dan Prestasi Mazrinal Nasution. Mazrinal yang didampingi wakil sekretaris Suliadi ini mengakui, kejurcab atletik tentu memberikan rangsangan bagi para pengcab-pengcab di daerah untuk lebih sering melaksanakan kejuaraan yang menjadi kebutuhan utama bagi atlet. 
 
"Saat ini ada 17 Pengda NPC kabupaten dan kota yang telah kita bentuk. Semoga kejuaraan atletik yang dilaksanakan NPC Medan mampu memberikan rangsangan bagi NPC daerah lain," ucap Mazrinal.
 
Mazrinal juga mengapresiasi pengurus NPC Medan yang konsisten menjalankan roda organisasi dengan baik, sehingga tidak heran jika Medan selalu menjadi penyumbang atlet terbanyak bagi Sumut di event nasional.
 
"Harus diakui tanpa kejuaraan sulit bagi pengurus mendapatkan atlet potensial. Saya apresiasi dengan pengurus NPC Medan yang tiada henti selalu menyumbangkan atlet terbaiknya mewakili Sumut di event nasional bahkan internasional. Ini contoh yang baik, dan kita harapkan ada dua atau tiga atlet bibit unggul di sini yang bisa kita pantau," kata Mazrinal.
 
Sementara Ketua panitia Erwin Yoesuf Nasution menjelaskan kejuaraan diikuti 80 atlet dan 20 official utusan dari 14 SLB dan sekolah umum. Selain ajang prestasi dan pencarian bibit hebat, kejurcab ini sebagai rangsangan bagi atlet pemula yang baru turun pertama mengikuti pertandingan. 
 
"Sedangkan untuk nomor yang dipertandingkan 100 meter putra/putri untuk berbagai kategori, dan nomor tolak peluru putra/ putri juga dengan klasifikasi berbeda. Disini memang atlet kecepatan kota Medan ada di lari 100 meter.
 
Erwin menambahkan Medan memang memiliki paralimpian handal yang telah meraih prestasi membanggakan di ajang Asia seperti di Asian Para Games 2018 lalu. Seperti Endang Sari Sitorus dan Alan Sastra Ginting yang meraih perunggu pada Asian Para Games lalu.
 
"Endang memang kita hadirkan di sini untuk memicu mereka bisa mengikuti jejak prestasi terbaik. Begitu juga Medan memiliki atlet tolak peluru yakni Alan Sastra Ginting. Harapannya bisa memberikan motivasi dan  menggairahkan bagi atlet SLB  yang berprestasi dan bisa menjadi atlet yang setara dengan non difabel," kata Erwin. (BS03)
T#g:NPC Medanatlitjaring atlitOlahraga
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Wakil Walikota Serahkan Tropi Juara Liga Pendidikan Medan

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi., menyerahkan tropi, medali, dan uang pembinaan kepada kesebelasan SMK TI Budi Agung

  • 2 bulan lalu

    Wakil Walikota Medan Olahraga Bersama Ratusan Personil TNI dan Polri

    Beritasumut.com-Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi olahraga bersama ratusan personil TNI dan Polri di Lapangan  Benteng Medan, Juma

  • 2 bulan lalu

    Tinju Profesional Meriahkan HUT TNI

    Beritasumut.com-Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B, meresmikan pertandingan Tinju profesional yang digelar dalam rangka

  • 2 bulan lalu

    Saksikan Kejuaraan Gulat Senior Piala Gubernur, Kapolsek Percut Seituan Dukung Kegiatan Olahraga

    Beritasumut.com-Kapolsek Percut Seituan, Kompol Aris Wibowo berkeinginan untuk memajukan kegiatan olahraga di wilayah hukumnya yakni Kecamatan Perc

  • 2 bulan lalu

    Bangkitkan Pariwisata Sumut Lewat Wisata Olahraga

    Beritasumut.com–Wisata olahraga atau Sport tourism merupakan salah satu strategi pariwisata yang memanfaatkan aktivitas olahraga untuk menari

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.